BeritaArrow iconPasar ModalArrow iconArtikel

Lima Peristiwa Penting yang Dipantau Investor Pekan Ini

Bareksa23 April 2018
Tags:
Lima Peristiwa Penting yang Dipantau Investor Pekan Ini
A trader looks at stock prices on a screen while working on the floor of the New York Stock Exchange shortly before the closing bell in New York August 26, 2015. REUTERS/Lucas Jackson

Saham perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS), seperti Facebook, Amazon, dan Google akan merilis kinerja keuangannya

Bareksa.com - Pekan yang akan datang menandai puncak musim laporan keuangan kuartal pertama di bursa Wall Street, dengan banyak dari saham perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS), seperti Facebook, Amazon, dan Google, yang akan melaporkan kinerjanya dalam beberapa hari ke depan.

Selain itu, investor juga memperhatikan suku bunga untuk melihat apakah imbal hasil (yield) Treasury 10 tahun AS akhirnya akan mencapai level 3 persen. Jika yield berhasil breakout dari level tersebut, itu pasti akan mulai membebani pasar saham.

Sementara itu, perhatian akan beralih kembali ke kebijakan moneter pada minggu ini, dengan pertemuan dari Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Jepang (BoJ) yang sudah diagendakan.

Promo Terbaru di Bareksa

Laporan PDB juga akan menjadi fokus, dengan pembacaan awal untuk tiga bulan pertama tahun 2018 yang diharapkan keluar dari Amerika Serikat dan Inggris.Geopolitik dan pembicaraan perdagangan juga akan membuat investor tetap fokus pada minggu ini.

Untuk lebih rincinya, berikut beberapa peristiwa ekonomi yang kemungkinan akan mempengaruhi pasar pada pekan ini.

1. Laporan Keuangan Perusahaan Teknologi AS

Pekan ini akan menjadi minggu tersibuk di musim laporan laba kuartal pertama, dengan lebih dari sepertiga dari perusahaan yang tercatat di indeks S&P 500 akan melaporkan kinerjanya.

Google diperkirakan para analis akan membukukan peningkatan 22 persen pendapatan menjadi US$30,3 miliar, dengan laba bersih naik 21 persen, setara dengan US$ 9,28 per saham, menurut data Thomson Reuters.

Sementara untuk Facebook, Analis memperkirakan Facebook akan membukukan lonjakan 42 persen dalam pendapatan kuartalannya, menjadi US$11,4 miliar. Harga saham Facebook telah turun 10 persen nilainya sejak pemberitaan tentang Cambridge. Hal itu menggarisbawahi kekhawatiran investor tentang peraturan yang dapat menghambat profitabilitas perusahaan jaringan sosial terkemuka tersebut.

Kemudian Amazon diperkirakan akan melaporkan lompatan 40 persen dalam pendapatan menjadi US$50 miliar karena peritel online tersebut terus melakukan ekspansi ke komputasi awan dan bahan makanan toko-toko fisik.

Di sisi lain, imbal hasil (yield) Treasury AS 10 tahun melonjak dengan menyentuh level 2,96 persen, atau merupakan level yang tertinggi sejak 2014.

Kenaikan imbal hasil obligasi dapat mempengaruhi permintaan untuk aset yang dianggap berisiko, seperti saham, terutama ketika imbal hasil tersebut lebih tinggi daripada saham.

2. Pertemuan Kebijakan Bank Sentral Eropa

Bank Sentral Eropa diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada rekor terendah mereka saat ini ketika mengadakan pertemuan ketiga pada tahun ini yang akan dilaksanakan pada 11.45 siang pada hari Kamis waktu setempat.

Presiden ECB Mario Draghi akan mengadakan konferensi pers yang diawasi ketat 45 menit setelah pengumuman suku bunga karena investor mencari petunjuk lebih lanjut tentang kapan bank sentral berencana untuk mengakhiri program stimulus 2,5 triliun euro.

Harapan telah tumbuh baru-baru ini bahwa pembuat kebijakan dapat mengambil langkah kecil dalam menghilangkan stimulus setelah menjatuhkan janji lama untuk meningkatkan pembelian obligasi jika diperlukan pada pertemuan terakhir pada bulan Maret.

Namun, beberapa ahli percaya langkah seperti itu mungkin tergesa-gesa mengingat tanda-tanda pelunakan dalam data ekonomi dan menyulut kekhawatiran akan eskalasi perselisihan perdagangan global.

3. Pengumuman Kebijakan Bank of Japan (BoJ)

Bank of Japan juga terlihat akan mempertahankan kebijakan pada akhir peninjauan suku bunga pada hari Jumat lalu, termasuk janji untuk mempertahankan suku bunga jangka pendek di level -0,1 persen.

Gubernur BoJ, Haruhiko Kuroda akan mengadakan konferensi pers sesudahnya untuk membahas keputusan tersebut. Bank sentral Jepang juga akan mempublikasikan laporan prospek kuartalan terbaru, yang akan berisi ramalan terbaru tentang pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Kemungkinan besar, akan ada sedikit perubahan pada proyeksi, dengan pembuat kebijakan mempertahankan pandangan mereka untuk mencapai target inflasi 2 persen pada 2019. Hal tersebut bisa meningkatkan prospek BoJ untuk mendiskusikan penurunan stimulus besar-besaran pada tahun fiskal berikutnya.

4. PDB Kuartal Pertama AS

Investor akan mengawasi pembacaan awal pertumbuhan AS kuartal pertama yang dijadwalkan pada 8:30 pagi di har Jumat waktu setenoat untuk mengukur apakah negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut cukup kuat untuk menahan kenaikan suku bunga ganda dalam beberapa bulan mendatang.

Laporan tersebut diperkirakan menunjukkan pertumbuhan selama periode Januari-Maret yang melambat dari tingkat tahunan 2,9 persen menjadi 2 persen, karena belanja konsumen diperkirakan telah melambat tajam dari kuartal terakhir.

Meskipun diperkirakan terjadi perlambatan, hal itu tidak mungkin membuat banyak dampak pada pembuat kebijakan The Fed yang diberikan dorongan selama beberapa bulan mendatang dari pemotongan pajak administrasi Presiden Donald Trump.

5. PDB Kuartal Pertama Inggris

Pelaku pasar akan fokus pada perkiraan pertama GDP kuartal pertama Inggris untuk petunjuk lebih lanjut tentang kesehatan ekonomi dan kemungkinan Bank of England (BoE) untuk menaikkan suku bunga pada tahun ini.

Laporan, yang akan dirilis oleh Kantor Statistik Nasional Inggris pada 08.30 pagi di hari Jumat waktu setempat, diperkirakan akan menggambarkan bahwa ekonomi tumbuh 0,3 persen dalam tiga bulan pertama tahun 2018, setelah tumbuh 0,4 persen di tiga bulan sebelumnya.

Sementara secara tahunan, ekonomi Inggris diperkirakan tumbuh 1,4 persen dalam tiga bulan yang berakhir 30 Maret, sama dengan kenaikan pada kuartal sebelumnya.

BoE mempertahankan suku bunga stabil bulan lalu, tetapi dua pembuat kebijakan tiba-tiba memilih kenaikan, memperkuat pandangan bahwa suku bunga akan naik pada bulan Mei untuk kedua kalinya sejak krisis keuangan tahun 2008 silam. (AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua