BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Simpan Uang Lebih Untung di Cipta Dana Cash, Tapi Risiko Serendah Deposito

Bareksa21 Desember 2016
Tags:
Simpan Uang Lebih Untung di Cipta Dana Cash, Tapi Risiko Serendah Deposito
Menabung (ilustrasi) (Bareksa/Alfin Tofler)

Dalam setahun, produk reksa dana ini hasilkan untung 8% lebih tanpa potong pajak (net).

Bareksa.com – Sebagai investor pemula atau kalangan yang baru mengenal investasi, sebagian dari kita tentunya seringkali merasa bingung memilih produk investasi yang tepat. Pasalnya, dengan pengetahuan yang masih minim, investor pemula masih merasa takut akan potensi risiko kerugian dari investasi. Tak ayal, kebanyakan masyarakat masih menjadikan produk perbankan seperti tabungan atau deposito sebagai tempat menyimpan uang yang aman.

Padahal, apabila kita bergeser sedikit ke pasar modal, ada produk berisiko rendah mirip deposito tetapi memiliki potensi keuntungan (return) bisa lebih besar, yakni reksa dana pasar uang. Produk ini yang dikelola oleh manajer investasi profesional ini berbentuk kumpulan aset (portofolio) berupa deposito dan surat utang jangka pendek. Reksa dana pasar uang ini dapat menjadi alternatif bagi investor pemula untuk mulai berinvestasi pada aset keuangan selain produk perbankan. (Baca Juga: Kenapa Reksa Dana Pasar Uang Aman dan Bisa Lebih Untung dari Deposito)

Pada Marketplace Reksa Dana Bareksa, terdapat salah satu reksa dana pasar uang yang menghasilkan keuntungan lebih menarik dibandingkan dengan bunga deposito, yaitu reksa dana Cipta Dana Cash yang dikelola oleh PT Ciptadana Asset Management. Return yang dihasilkan produk ini dalam setahun terakhir mencapai 8 persen. Hasil ini jauh lebih besar daripada suku bunga deposito saat ini yang hanya sekitar 4-6 persen setahun.

Promo Terbaru di Bareksa

Dengan menggunakan Simulator Reksa Dana Bareksa, mari kita ilustrasikan keuntungan reksa dana pasar uang dibandingkan dengan deposito. (Baca juga: Setahun Potensi Untung 8%, Kinerja Cipta Dana Cash Lampaui Keuntungan Emas)

Sebagai contoh, investor A sebagai pemula memiliki uang Rp10 juta, kemudian menempatkan dananya reksa dana Cipta Dana Cash sejak 20 Desember 2015. Kini per tanggal 20 Desember 2016, uang tersebut telah bertumbuh sekitar 8,33 persen menjadi Rp10,83 juta, seperti yang ditampilkan dalam garis abu-abu pada grafik di bawah ini.

Grafik: Hasil Simulasi Investasi Reksa Dana Cipta Dana Cash dan Deposito

Illustration

Sumber Bareksa.com

Sementara itu, dalam periode investasi yang sama apabila investor A menempatkan uangnya dengan jumlah yang sama pada deposito. Dengan asumsi bunga sebesar 6 persen setahun, maka uang akan tumbuh menjadi Rp10,70 juta.

Namun hasil ini belum termasuk potongan pajak bunga deposito sebesar 20 persen, sehingga nilai bersih yang investor A terima setelah pajak adalah sekitar Rp10,56 juta saja. Kondisi itu berbeda dengan keuntungan reksa dana yang tidak dikenakan pajak final seperti bunga deposito. Artinya, investor langsung menerima hasil bersih (net) investasi reksa dana tanpa dipotong pajak.

Terlihat dalam contoh di atas, keuntungan yang didapat investor bisa jauh lebih maksimal pada reksa dana pasar uang dibandingkan pada deposito. Dengan modal awal Rp10 juta dan jangka waktu setahun, keuntungan bersih dari reksa dana pasar uang sebesar Rp833.000 dan deposito hanya sebesar Rp560.000 saja.

Kemudian, minimum pembelian pada reksa dana pasar uang seperti Cipta Dana Cash ini hanya sebesar Rp100 ribu saja, lebih rendah dari deposito yang minimum saldonya mencapai jutaan rupiah. Selain itu, keunggulan lain menyimpan uang pada reksa dana pasar uang adalah investor dapat bebas menentukan jangka waktu investasi dan dapat menarik dananya kapan saja sesuai kebutuhan tanpa dikenakan denda (penalty).

Bahkan, saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi, berinvestasi produk Cipta Dana Cash dapat melalui e-wallet (dompet online) di aplikasi DOKU yang tersedia pada smartphone berbasis Android. Dengan fasilitas ini, investor yang masih berstatus pelajar pun bisa mulai berinvestasi pada aset keuangan secara aman, praktis, dan fleksibel. (baca juga: Dengan Mobile Wallet, Pelajar Bisa Aman & Untung Menabung di Reksa Dana) (hm)

**

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua