BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Menabung di E-Wallet DOKU, Pelajar Pun Punya Banyak Pilihan Untuk Berlibur

Bareksa14 Desember 2016
Tags:
Menabung di E-Wallet DOKU, Pelajar Pun Punya Banyak Pilihan Untuk Berlibur
Foto udara lanskap kawasan Pantai Ancol menggunakan Helikopter Super Puma NAS-332 milik Skuadron 45 TNI AU di Jakarta, Kamis (18/6). Pantai Ancol merupakan salah satu pusat rekreasi keluarga favorit warga DKI Jakarta dan sekitar. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Libur akhir tahun semakin dekat, anak sekolah pun turut merencanakan liburan untuk refreshing sejenak.

Bareksa.com – Mendekati akhir tahun seperti sekarang ini, biasanya banyak orang mulai merencanakan untuk berlibur bersama keluarga atau teman. Hal ini, juga tak terkecuali bagi mereka yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa yang ingin menikmati sejenak hari liburnya tanpa pusing memikirkan pelajaran di kampus atau sekolah.

Namun, untuk mengisi liburan yang menyenangkan tentunya kita membutuhkan biaya. Mulai dari hanya sekedar menonton di bioskop, hangout bersama teman hingga berjalan-jalan (travelling) di dalam atau di luar negeri pasti butuh uang. Tentunya hal-hal dapat menguras kantong pelajar atau mahasiswa cukup dalam, karena kalangan ini belum memiliki penghasilan sendiri dan pendapatan yang dimilikinya pun hanya sebatas uang saku dari orang tua saja.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi biaya tak terduga yang akan dikeluarkan untuk liburan, ada baiknya kalangan pelajar ini mulai menyisihkan uang jajannya dengan cara menabung. Selain belajar hemat dan mengelola keuangan sejak dini, pelajar yang menabung dapat berlibur dengan menggunakan uang sendiri tanpa merepotkan orang tua. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi kita.

Promo Terbaru di Bareksa

Saat ini, menabung bisa dilakukan tidak hanya di bank atau di celengan saja, tetapi juga di produk keuangan seperti reksa dana pasar uang yang memiliki potensi keuntungan dengan risiko yang sangat minim. Reksa dana pasar uang ini merupakan kumpulan aset yang terdiri dari deposito dan surat utang yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun serta dikelola oleh manajer investasi profesional.

Salah satu reksa dana pasar uang yang berkinerja baik adalah Cipta Dana Cash, reksa dana yang dikelola oleh Ciptadana Asset Management ini dalam setahun mampu menghasilkan keuntungan (return) 8,42 persen -- jauh lebih besar dari bunga tabungan yang hanya sekitar 1 persen per tahun. Bahkan, return yang dihasilkan ini mampu melampaui keuntungan emas dalam setahun terakhir yang hanya sekitar 6 persen. (Baca Juga: Setahun Potensi Untung 8%, Kinerja Cipta Dana Cash Lampaui Keuntungan Emas)

Minimum pembelian reksa dana Cipta Dana Cash ini sangat terjangkau yakni hanya Rp100.000 saja. Ini berarti dalam sehari, kita tidak sampai menyisihkan uang Rp5.000 untuk menabung di reksa dana. Berdasarkan Kalkulator Investasi Bareksa, apabila kita secara rutin menabung uang Rp100.000 pada Cipta Dana Cash setiap bulan dalam setahun, maka uang kita berpotensi tumbuh menjadi Rp1,25 juta, seperti yang tampak pada grafik di bawah ini.

Grafik : Perkiraan hasil menabung pada reksa dana Cipta Dana Cash dalam satu tahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Hasil yang didapat dari menabung di reksa dana ini tidak dikenakan pajak, sehingga keuntungan yang diperoleh sudah bersih (net) dari pajak atau biaya admin bulanan. Lain halnya apabila kita hanya menempatkan uang di bawah bantal atau di celengan saja, uang yang disimpan tidak bertambah yakni hanya Rp1,2 juta saja. Selain itu, apabila kita menabung di bank ada kemungkinan uang kita akan berkurang nilainya karena terdapat biaya admin bulanan yang dikenakan lebih besar daripada bunga tabungan yang diberikan bank.

Di samping berpotensi menghasilkan keuntungan, Cipta Dana Cash ini juga aman dan praktis karena dapat ditransaksikan melalui e-wallet yang terdapat pada apilkasi DOKU di ponsel dengan sistem operasi Android. Oleh karena itu, produk keuangan ini sangat cocok bagi pelajar atau mahasiswa yang saat ini sudah sangat familiar dengan kemajuan teknologi, khususnya pengguna smartphone.

Dengan adanya e-wallet ini, kalangan yang tidak memiliki rekening di bank seperti pelajar atau mahasiswa tetap bisa melakukan pembukaan akun reksa dana untuk menabung Cipta Dana Cash di DOKU. Jadi, apabila kita ingin melakukan pembelian reksa dana, uang yang sebelumnya terdapat di e-wallet akan langsung ditransfer secara otomatis untuk pembelian reksa dana.

Kemudian, untuk penjualan reksa dananya pun uang akan masuk kembali ke dalam e-wallet setelah satu hari melakukan instruksi penjualan (H+1). Dalam hal ini, pengisian dan pengambilan uang tunai dari e-wallet dapat dilakukan melalui minimarket terdekat.

Dengan dana sekitar Rp1,25 juta, saat ini kita bisa menikmati liburan hingga keluar kota seperti Yogyakarta dan Bandung. Atau, bila anggaran kita tidak mencapai Rp1 juta, kita yang tinggal di area Jakarta juga bisa berlibur di Pulau Tidung dan Ancol.

Yuk menabung dana liburanmu di E-Wallet DOKU dengan aman dan menguntungkan!

***

Belum punya akun DOKU?
- Cara Buka Akun Doku, klik tautan ini
- Daftar reksa dana Bareksa di Doku, klik tautan ini
- Beli reksa dana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua