BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Apakah Uang Pensiun Anda Cukup Untuk Masa Tua? Cek Dengan Alat Ini

Bareksa25 April 2016
Tags:
Apakah Uang Pensiun Anda Cukup Untuk Masa Tua? Cek Dengan Alat Ini
Sejumlah buruh perempuan keluar pada saat pulang kerja di perusahaan industri garmen, kawasan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/4/2016). ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Simulator Rencana Hari Tua dapat merencanakan dana yang harus anda sisihkan untuk memenuhi kebutuhan di masa tua

Bareksa.com – Masa pensiun adalah suatu masa yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Pada masa ini produktivitas kerja setiap orang akan menurun seiring dengan kondisi tubuh yang sudah mengalami penuaan serta fungsi kesehatan mulai berkurang. Apalagi biaya hidup setiap tahun mengalami peningkatan, maka di saat produktivitas berkurang bertepatan dengan kenaikan biaya hidup. Tentu anda sudah mengantisipasi dengan menyisihkan dana setiap bulannya. Tapi apakah itu cukup?

Salah satu tools Bareksa menyediakan Simulator Rencana Hari Tua yang dapat menghitung apakah dana yang anda sisihkan tiap bulan cukup untuk masa pensiun. Mari kita coba simulasi ini;

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan masa pensiun tentunya memperhitungkan biaya hidup setelah pensiun. Oleh karena itu anda harus tau berapa biaya hidup anda saat ini dan kapan anda akan pensiun. Asumsi biaya hidup anda saat ini Rp5 juta per bulan, dan anda akan pensiun di usia 55 tahun. Saat ini anda berusia 30 tahun dan berencana akan menyisihkan dana Rp500 ribu per bulan.

Promo Terbaru di Bareksa

Langkah kedua anda perlu tau berapa kira-kira keuntungan yang diperoleh dari dana pensiun anda. Asumsi anda akan menerima keuntungan 14 persen per tahun saat usia produktif. Tetapi ketika memasuki usia pensiun tentunya anda akan memilih produk investasi yang risikonya jauh lebih rendah sehingga proyeksi keuntungan menjadi lebih kecil yakni sekitar 10 persen.

Langkah ketiga input seluruh asumsi ke dalam Simulator Rencana Hari Tua, kemudian masukan seluruh asumsi di atas. Lalu masukan usia harapan hidup anda di usia 70 tahun dan ekspektasi inflasi 5 persen. Seperti yang tampak pada tabel dibawah ini.

Tabel: Simulasi Rencana Hari Tua

Illustration

Bareksa.com

Apakah uang yang kita sisihkan untuk persiapan dana pensiun ini sudah cukup memenuhi keperluan (biaya hidup) dimasa pensiun?

Ternyata, dengan uang Rp500 ribu per bulan yang kita sisihkan untuk dana pensiun, hanya mampu mencukupi biaya hidup kita sampai dengan usia 61 tahun saja. Sedangkan untuk biaya hidup pada usia 62 tahun dan selanjutnya tabungan kita tidak mencukupi biaya hidup yang dikeluarkan.

Lantas apa yang bisa dilakukan?

Anda dapat menambahkan anggaran tabungan anda menjadi Rp1 juta per bulan. Atau mencari alternatif investasi lain yang mampu menghasilkan keuntungan (return) yang lebih besar.

Grafik: Hasil simulasi rencana hari tua

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Dengan menggunakan simulator rencana hari tua ini, kita dapat mempersiapkan jumlah dana pensiun sesuai dengan biaya hidup dimasa pensiun ke depan. Sehingga kita dapat menikmati hari tua dengan tenang dan layak tanpa mengalami kesulitan finansial dikala usia senja telah tiba.

* * *

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,49%
Up3,72%
Up0,04%
Up4,75%
Up18,40%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,56%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,95%
Up16,60%
Up40,13%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,59%
Up3,20%
Up0,03%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,53%
Up3,64%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,27%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua