BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

ST005 Mulai Dijual 8 Agustus, Kupon Minimal 7,4 Persen Jauh di Atas Benchmark

Bareksa07 Agustus 2019
Tags:
ST005 Mulai Dijual 8 Agustus, Kupon Minimal 7,4 Persen Jauh di Atas Benchmark
Ilustrasi investor syariah wanita berhijab di depan laptop dengan buku dan pulpen sedang mengacungkan jempol sambil tersenyum untuk investasi reksadana saham surat berharga negara sukuk syariah

Sukuk Tabungan seri ST005 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 8-21 Agustus 2019

Bareksa.com - Kementerian Keuangan menetapkan tingkat imbalan minimal Sukuk Tabungan seri ST005 sebesar 7,4 persen per tahun. Sukuk Tabungan seri terbaru ini adalah instrumen investasi aman yang dijamin pemerintah khusus untuk masyarakat ritel dan bisa dibeli secara online.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menyatakan nilai imbalan minimal 7,4 persen tersebut yakni berasal dari tingkat imbalan acuan Bank Indonesia, BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) 5,75 persen ditambah spread tetap 1,65 persen.

"Tingkat imbalan minimal (floor rate) berlaku tetap sampai jatuh tempo," tulis Kemenkeu dalam pesan singkat kepada mitra distribusi (midis), 6 Agustus 2019.

Promo Terbaru di Bareksa

Sukuk Tabungan memberikan imbalan dengan sistem floating with floor, alias mengambang dengan batas minimal. Mengambang artinya besaran imbalan ST005 akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day (Reverse) Repo Rate (BI 7DRRR), sebagai acuan. Penyesuaian imbalan ini akan dilakukan tiga bulan sekali.

Bagaimana jika BI 7DRRR sebagai acuan naik jadi 6 persen?

Pemerintah bisa menyesuaikan imbalan dengan acuan ini. Dan bila disesuaikan, berarti investor berhak mendapatkan imbalan lebih tinggi dari imbalan minimal, dengan rumus (6 persen + 1,65 persen), sehingga jika dijumlah maka ST005 akan menghasilkan imbalan 7,65 persen per tahun. Begitupun jika acuan terus meningkat.

Bagaimana jika BI 7DRRR sebagai acuan turun jadi 5,5 persen?

ST005 yang dijual di Bareksa, tetap akan menghasilkan imbalan 7,4 persen per tahun yang berasal dari (5,75 persen + 1,65 persen) seperti ketentuan yang ditetapkan pemerintah yakni level imbalan 7,4 persen ditetapkan sebagai imbalan minimal. Begitupun jika acuan terus menurun.

Kupon 7,4 persen jauh di atas benchmark

Illustration
Sumber : IBPA

Mengutip data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Surat Utang Negara dengan tenor dua tahun per 6 Agustus 2019 mempunyai tingkat keuntungan yang diharapkan (yield) hanya 6,61 persen.

Maka itu, dengan mengacu data tersebut dapat dikatakan jika kupon yang ditawarkan pemerintah pada ST005 ini masih lebih menarik dibandingkan tingkat keuntungan di pasar saat ini.

Selain kupon yang lebih tinggi dibandingkan yield di pasar saat ini, ST005 yang dapat dibeli di Bareksa ini dijamin oleh pemerintah 100 persen. Jadi, jangan takut jika uang Anda tidak kembali atau terjadi gagal bayar, sebab setiap transaksi pembelian SUN ritel online seri ST005 di Bareksa, baik pembayaran kupon maupun pembayaran uang pokok pada saat jatuh tempo 100 persen dijamin pemerintah dan Undang-Undang.

* * *

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk Tabungan seri ST005 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 8-21 Agustus 2019. Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan ST005 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST005? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST005.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST005? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA02/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua