BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Reksa Dana Syariah Ini Pilihan Investasi yang Menguntungkan dan Minim Risiko

Bareksa24 Maret 2016
Tags:
 Reksa Dana Syariah Ini Pilihan Investasi yang Menguntungkan dan Minim Risiko
Petugas sedang melayani pendaftaran nasabah reksa dana di booth Bareksa dalam acara Investday 2015 di Jakarta, 17 September 2015. InvestDay 2015 mengangkat tema “FinTech: A Game Changer for Indonesia’s Financial World”. (Bareksa/Alfin Tofler)

Dalam setahun terakhir, MNC Dana Syariah hasilkan return lebih dari 9% dengan prinsip syariah.

Bareksa.com – Produk investasi berbasis syariah saat ini sudah mulai banyak berkembang, tak terkecuali di pasar modal. Salah satunya produk reksa dana syariah.

Bagi investor yang berminat berinvestasi pada produk reksa dana berbasis syariah, tapi minim risiko, MNC Dana Syariah bisa menjadi pilihan alternatif Investasi.

MNC Dana Syariah merupakan salah satu reksa dana syariah jenis pendapatan tetap. Reksa dana ini menempatkan sebagian besar asetnya pada efek pendapatan tetap, seperti obligasi (sukuk) yang berpedoman pada prinsip Syariah Islam dengan hasil yang bersih dari unsur riba dan gharar.

Promo Terbaru di Bareksa

Berdasarkan fund fact sheet reksa dana ini mengalokasikan 93,25 persen asetnya pada obligasi korporasi dan 3,99 persen pada aset setara kas (deposito). Sektor obligasi korporasi yang menjadi top holding reksa dana ini adalah sektor barang konsumsi dan infrastruktur.

Reksa dana yang dikelola oleh PT MNC Asset Management ini mampu menghasilkan return tertinggi di antara reksa dana pendapatan tetap syariah lainnya dengan 9,71 persen dalam setahun terakhir. Sementara rata-rata return pasar reksa dana pendapatan tetap hanya 3,98 persen setahun.

Secara year-to-date (YTD) reksa dana ini menghasilkan return 4,03 persen dan 2,33 persen dalam sebulan. Return reksa dana ini juga melebihi indeks reksa dana pendapatan tetap yang tercatat sebesar 1,75 persen sebulan.

Grafik: Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) MNC Dana Syariah

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana ini cenderung meningkat dan fluktuasi yang terjadi juga cukup rendah seperti yang tampak pada grafik di atas. Reksa dana ini memiliki nilai risiko fluktuasi pasar hanya sebesar 0,0045, lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata risiko pasar reksa dana pendapatan tetap yang berada di range 0,01 - 0,02.

Reksa dana yang diluncurkan sejak Juni 2006 ini dapat menjadi pilihan alternatif investasi bagi investor yang menginginkan prinsip syariah dan takut akan fluktuasi pasar yang tinggi, tapi mengharapkan potensi keuntungan yang melebihi tingkat suku deposito.

Tabel: Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah dengan Return Tertinggi dalam Setahun

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Selain MNC Dana Syariah, masih ada sejumlah reksa dana pendapatan tetap berbasis syariah lainnya yang memiliki kinerja cukup baik. Inilah reksa dana pendapatan tetap syariah yang memiliki kinerja terbaik dalam setahun terakhir yang mampu melebihi kinerja rata-rata reksa dana pendapatan tetap lainnya.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua