BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

FUND PICK: Rencana Cerdas, Pilihan Cerdas Investasi Reksa Dana

Bareksa22 Maret 2016
Tags:
FUND PICK: Rencana Cerdas, Pilihan Cerdas Investasi Reksa Dana
FOTO JANGAN DIPAKAI, FOTO JANGAN DIPAKAI, FOTO JANGAN DIPAKAI (KD)

Reksa dana ini tergolong memiliki risiko di bawah pasar namun return yang dihasilkan mampu melebihi benchmark.

Bareksa.com - Rencana Cerdas merupakan reksa dana yang memiliki kinerja terbaik pada minggu ini di antara reksa dana saham yang diperdagangkan di marketplace investasi Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI).

Analis Bareksa menyortir reksa dana dengan berdasarkan return satu tahun. Reksa dana kelolaan Ciptadana Asset Management ini juga termasuk reksa dana yang memiliki kinerja cukup baik ditunjukan dengan skor 4 pada barometer bareksa.

Perlambatan laju pertumbuhan ekonomi tahun lalu turut mempengaruhi kinerja bursa saham dan reksa dana. Indeks Harga saham Gabungan juga (IHSG) dan indeks reksa dana saham tercatat menghasilkan return minus 10,25 persen dan minus 9,84 persen selama satu tahun terakhir. Sehingga return reksa dana ini juga ikut menurun, setahun terakhir reksa dana ini mencatatkan return minus 4,35 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Namun, sejak awal tahun hingga saat ini, reksa dana ini menghasilkan return 9,58 persen dan 4,67 persen dalam sebulan. Return reksa dana ini juga mampu melebihi return IHSG dan Indeks reksa dana saham yang mancatatkan return 3,99 persen dan 4,41 persen dalam sebulan.

Grafik: Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana Rencana Cerdas

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Lantaran reksa dana ini merupakan jenis reksa dana saham, pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana cukup berfluktuasi tinggi. Namun bila dibandingkan dengan risiko rata-rata pasar reksa dana saham lainnya sebesar 0,05, risiko reksa dana ini berada di bawah risiko rata-rata dengan nilai risiko sebesar 0,049.

Reksa dana ini cocok bagi investor yang memiliki risiko tinggi (risk taker) yang dapat mentolerir risiko fluktuasi pasar dalam jangka pendek. Bagi Anda yang mengharapkan pertumbuhan investasi dalam jangka panjang, reksa dana ini juga dapat menjadi pilihan Investasi dengan periode investasi lebih dari lima tahun.

Reksa dana yang direkomendasikan tim riset Bareksa dinilai memiliki kinerja (return) cukup baik pada minggu ini. Namun, perlu dicatat bahwa investor tetap harus membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada reksa dana tersebut. Ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua