BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kemenkeu Tetapkan Kupon SBR013 Minimal 6,45-6,6% per Tahun, Tertinggi Sejak 2020

Hanum Kusuma Dewi07 Juni 2024
Tags:
Kemenkeu Tetapkan Kupon SBR013 Minimal 6,45-6,6% per Tahun, Tertinggi Sejak 2020
Ilustrasi imbal hasil SBN seri SBR013 yang meningkat dari seri sebelumnya digambarkan dengan tumpukan koin, grafik dan lambang persentase. (Shutterstock)

Kupon SBR bersifat floating with floor, artinya bisa naik bila suku bunga naik tetapi tidak bisa turun dari batas minimal

Bareksa.com - Pengumuman imbal hasil atau kupon Savings Bond Ritel (SBR) SBR013 yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Kementerian Keuangan pada Jumat (7/6/2024) mengumumkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel itu menawarkan imbal hasil minimal 6,45% untuk SBR013 tenor 2 tahun atau SBR013T2 dan 6,6% untuk SBR013 tenor 4 tahun atau SBR013T4. Ini merupakan imbal hasil SBR tertinggi sejak 2020 yaitu SBR009, atau dalam 5 tahun terakhir.

Grafik Kupon SBR Per Seri

Illustration

Sumber: Kemenkeu, diolah Bareksa.

Promo Terbaru di Bareksa

Selisih (spread) imbal hasil SBR013T2 dengan suku bunga Bank Indonesia ditetapkan 20 basis poin (bps), sedangkan spread kupon SBR013T4 dengn BI Rate 35 bps. Dengan fitur kupon floating with floor atau mengambang dengan batas minimal, spread ini akan terus berlaku hingga jatuh tempo. Sehingga jika suku bunga acuan BI naik, maka kupon SBR013 berpotensi ikut naik. Adapun jika suku bunga BI turun, maka imbal hasil SBR013 tidak akan turun lebih rendah dari batas minimal.

SBR013 juga menawarkan kupon lebih tinggi dari seri SBN Ritel non-tradable sebelumnya, yaitu Sukuk Tabungan ST012. Suku bunga BI baru saja naik menjadi 6,25% dari sebelumnya 6% pada April 2024. Ini merupakan kenaikan BI Rate pertama kali dalam 5 bulan terakhir atau sejak Oktober 2023. Level BI Rate 6,25% juga merupakan tertinggi sejak Juli 2016 atau dalam 7 tahun terakhir.

SBR013 akan ditawarkan selama periode 10 Juni hingga 4 Juli 2024. Investor bisa memesan SBR013 di mitra distribusi yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

SBR Adalah

Savings Bond Ritel (SBR) adalah salah satu instrumen Surat Utang Negara (SUN) yang diperuntukkan bagi investor individu Warga Negara Indonesia di pasar perdana. SBR memiliki karakteristik tidak dapat diperjualbelikan (non-tradable) di pasar sekunder, namun ada fasilitas early redemption atau pencairan lebih awal sebagian sebelum tanggal jatuh tempo, serta jenis kupon mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor).

SBR terbit tanpa warkat dengan nilai minimal pemesanan Rp1 juta (1 unit) dan maksimal pemesanan Rp5 miliar untuk tenor 2 tahun dan Rp10 miliar untuk tenor 4 tahun. Gabungan dari kedua tenor, maka kuota maksimal pemesanan per investor senilai Rp15 miliar.

Siap-siap Investasi SBR013 di Sini

Bareksa Midis SBN Terbaik

Sebagai informasi, Bareksa adalah mitra distribusi yang telah membantu penawaran SBN Ritel sejak pertama kali ditawarkan secara online pada 2018. Selain itu, Bareksa meraih penghargaan sebagai mitra distribusi terbaik sejak 2018, atau dalam 5 tahun beruntun.

Bareksa meraih penghargaan sebagai Midis SUN Terbaik Tahun 2022 bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa dari Kementerian Keuangan yakni:

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SUN Ritel Terbaik 2022
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBR013? Segera siap-siap investasi di SBN Ritel dengan potensi kupon tertinggi terakhir tahun ini di salah satu mitra distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kemenkeu, salah satunya Bareksa.

Siap-siap Investasi SBR013 di Sini

(Martina Priyanti)

* * *

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2022 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua