BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Fed Rate Dipangkas 0,5% dan BI Rate Turun 0,25%, Prospek Cuan Reksadana Ini Menyala

Abdul Malik19 September 2024
Tags:
Fed Rate Dipangkas 0,5% dan BI Rate Turun 0,25%, Prospek Cuan Reksadana Ini Menyala
Ilustrasi berakhirnya era suku bunga tinggi seiring pemangkasan Fed Rate dan BI Rate bisa mendorong pasar saham, SBN, reksadana hingga emas jadi bergairah. (Shutterstock)

Pemotongan Fed Rate dan BI Rate bisa jadi sentimen positif karena selisih suku bunga AS dan RI semakin lebar jadi 1% dari sebelumnya 0,75%

Bareksa.com - Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed), akhirnya memutuskan pemotongan suku bunga acuan 50 basis poin atau 0,5% menjadi 4,75-5% dalam rapat (FOMC) yang berakhir pada Rabu (18/9) waktu setempat, atau Kamis pagi WIB. Langkah itu seiring target untuk memperkuat ekonomi Negara Paman Sam, menggairahkan pasar tenaga kerja, seiring meredanya laju inflasi.

Ini merupakan penurunan suku bunga pertama kalinya oleh The Fed dalam 4 tahun terakhir dan menandai berakhirnya era suku bunga tinggi, setelah sebelumnya di 5,25-5,5% yang merupakan level tertinggi dalam 2 dekade. Keputusan bank sentral terkuat di dunia itu juga sesuai harapan pasar, meski dinilai sedikit agresif, karena sebagian pelaku pasar meramal penurunan 0,25%. Kondisi itu bahkan dinilai mencerminkan kecemasan atas ancaman resesi Negara Adidaya. Akibatnya usai pengumuman penurunan, Bursa Saham Wall Street dan Eropa kompak longsor pada penutupan Rabu (18/9).

Sebelumnya Bank Indonesia justru dinilai mendahului The Fed dengan menurunkan bunga acuan (BI Rate) 0,25% dari 6,25% menjadi 6% dalam hasil Rapat Dewan Gubernur Rabu (18/9). Langkah itu seiring tetap rendahnya perkiraan inflasi di 2024 dan 2025 yang diramal sesuai target 2,5 +/- 1%, serta mendorong stabilitas rupiah. BI terus mencermati ruang penurunan lanjutan seiring rendahnya inflasi, serta kuatnya nilai tukar Rupiah guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Reksadana di Sini

Strategi Investasi di Reksadana

Menurut Tim Analis Bareksa, pemangkasan Fed Rate yang direspons penurunan pasar saham AS dan Eropa masih dalam tahap wajar karena konsolidasi, seiring pelaku pasar mencerna keputusan bank pimpinan Jerome Powell. Selain itu, Powell sudah menjamin pemangkasan 50 bps bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi negaranya, meski pasar menilai The Fed terlambat menurunkan suku bunga sehingga berdampak ke perlambatan ekonomi Negeri Uncle Sam itu.

Tim Analis Bareksa menilai pemotongan Fed Rate dan BI Rate yang menandai era penurunan agresif suku bunga justru bisa jadi sentimen positif untuk pasar saham Asia, termasuk Indonesia karena spread (selisih) suku bunga AS dan Indonesia semakin lebar jadi 1% dari sebelumnya hanya 0,75%. Kondisi ini bisa mendorong aliran dana asing semakin deras masuk ke pasar saham maupun obligasi Tanah Air.

Hal ini terlihat dalam 3 bulan terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibanjiri foreign net inflow Rp25 triliun, sementara dana asing masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN) Rp44 triliun di periode yang sama. Aliran dana asing ini menopang penguatan IHSG hingga menembus 7.800 dan yield (imbal hasil) acuan SBN Indonesia ke 6,5%.

Beli Reksadana di Sini

Tak ayal, mayoritas instrumen investasi berbasis SBN dan saham big caps, seperti reksadana indeks naik paling kencang seperti pada tabel berikut:

Daftar Reksadana Indeks dengan Kenaikan Tertinggi

Illustration

Sumber: Bareksa, kinerja per 18/9/2024

Tercatat dalam 3 bulan terakhir, 11 produk reksadana indeks di Bareksa mencatat kinerja melambung di atas 18%, karena pergerakannya mencerminkan indeks acuan dan mayoritas didominasi oleh saham berkapitalisasi besar (big caps) yang terbesar diborong investor asing.

Beli STAR Infobank 15 di Sini

Beli Syailendra MSCI Indonesia Value Index di Sini

Beli BNP Paribas Sri Kehati di Sini

Beli Allianz Sri Kehati di Sini

Reksadana Obligasi Negara Menyala

Kemudian untuk reksadana pendapatan tetap berbasis SBN juga menorehkan kinerja cemerlang dalam 3 bulan terakhir. Bahkan ada yang berhasil mencatat cuan 4%, seperti Allianz Fixed Income Fund 2 yang juga masuk dalam daftar Top 5 Bareksa Barometer.

Daftar Reksadana Obligasi Negara Pilihan

Illustration

Sumber: Bareksa, kinerja per 18/9/2024

Seiring makin jelasnya arah kebijakan pemangkasan suku bunga AS, spread imbal hasil obligasi AS dan Indonesia yang semakin lebar, serta makro ekonomi dan politik yang masih kondusif, maka bisa menopang berlanjutnya penguatan pasar saham, obligasi hingga rupiah. Artinya, investor disarankan masih bisa menerapkan strategi investasi hold reksadana indeks, reksadana saham hingga reksadana Obligasi Negara.

Beli Allianz Fixed Income Fund 2 di Sini

Beli Manulife Obligasi Negara Indonesia II di Sini

Beli Mandiri Investa Dana Obligasi di Sini

Diversifikasi di Reksadana Obligasi Korporasi

Investor juga bisa melakukan diversifikasi investasi di reksadana pendapatan tetap berbasis obligasi korporasi, guna menyeimbangkan portofolio seiring kinerjanya yang cenderung lebih stabil saat pasar bergejolak. Beberapa reksadana obligasi korporasi dengan kinerja moncer yang bisa dipertimbangkan ialah sebagai berikut:

Daftar Rekomendasi Reksadana Obligasi Korporasi

Illustration

Sumber: Bareksa, kinerja per 18/9/2024

Seiring potensi mencorongnya kinerja reksadana, kamu bisa mulai merencanakan atau menambah investasi di instrumen yang aman dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut melalui super app investasi Bareksa. Tak hanya itu, di Bareksa juga tersedia saham, SBN Ritel hingga emas fisik digital. Cukup dengan sentuhan jari di ponselmu, kamu bisa mengelola semua instrumen investasi tersebut. Yuk segera investasi di Bareksa!

Beli STAR Stable Amanah Sukuk di Sini

Beli Capital Fixed Income di Sini

Beli Insight Renewable Energy Fund di Sini

Beli Trimegah Dana Tetap Syariah di Sini

Beli I-Hajj Syariah Fund di Sini

(Sigma Kinasih/Christian Halim/Ariyanto Dipo Sucahyo/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.364,07

Up0,96%
Up4,00%
Up6,10%
Up7,17%
Up18,63%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

1.067,25

Up0,78%
Up3,80%
Up5,85%
---

Capital Fixed Income Fund

1.825,86

Up1,06%
Up3,91%
Up5,58%
Up7,46%
Up16,93%
Up42,23%

Insight Renewable Energy Fund

2.237,75

Up0,59%
Up3,37%
Up5,01%
Up6,83%
Up19,49%
Up35,35%

Syailendra Sharia Fixed Income Fund

limited

1.029,57

Up0,44%
Up2,47%
----

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua