BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Mau Berikan Hadiah Cincin untuk Valentine? Siapkan dengan Nabung di Reksadana

15 Februari 2019
Tags:
Mau Berikan Hadiah Cincin untuk Valentine? Siapkan dengan Nabung di Reksadana
ilustrasi seorang pria memberikan cincin kepada kekasihnya

Ketika perempuan sudah berumur 29 - 34 tahun, hadiah cincin akan lebih baik diberikan

Bareksa.com - Setiap momen hari kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, orang-orang berupaya memberikan hadiah terbaik kepada orang tersayang. Coklat dan bunga merupakan hadiah yang paling banyak diberikan selama perayaan Valentine.

Namun, pemberian kado berupa coklat dan bunga banyak dilakukan oleh remaja yang berusia di bawah 18 tahun. Kalau kamu sudah berusia 18 tahun ke atas, pasanganmu masih mau diberikan hanya bunga dan coklat?

Berdasarkan keterangan tertulis dari Shopback, semakin tinggi usia seseorang, hadiah yang dia berikan kepada pasangannya di hari valentine juga semakin mahal. Misalnya, bagi perempuan yang berusia di rentang 18-23 tahun, lebih senang jika dihadiahi baju senada atau baju couple oleh pasangannya di hari Valentine.

Promo Terbaru di Bareksa

Sedangkan untuk laki-laki, tidak ada salahnya untuk memberikan jam tangan, karena hadiah ini yang paling mereka sukai saat valentine.

Namun ketika berumur 24-28 tahun, baik perempuan dan laki-laki akan lebih memperhatikan penampilannya. Kosmetik, terutama skin care dan lipstik merupakan benda yang sangat berarti bagi perempuan rentang usia ini.

Jadi tidak ada salahnya untuk memberikan kosmetik kepada perempuan di saat valentine, selain sekuntum bunga dan cokelat. Sedangkan untuk laki-laki sepasang sepatu baru untuk menunjang penampilan mereka sehari-hari juga cocok diberikan saat hari valentine ini.

Kemudian ketika perempuan sudah berumur 29-34 tahun, hadiah cincin akan lebih baik diberikan karena dia sudah siap untuk melanjutkan ke hubungan yang lebih serius.

Untuk pria, di rentang usia ini akan lebih senang diberikan gadget serta perangkat elektronik seperti headset dan smartwatch.

Bagi mereka di rentang usia 35 tahun ke atas, baik perempuan dan laki-laki, ajakan makan malam di restoran yang bernuansa romantis di hari valentine akan menjadi kado manis yang tidak terlupakan.

Di antara hadiah-hadiah tersebut, cincin dan makan malam romantis di restoran mahal menjadi yang tidak bisa dibeli apabila bukan orang kaya atau yang sudah memiliki tabungan.

Namun, apakah benar harus menjadi kaya dulu untuk bisa membelikan cincin dan makan malam romantis di restoran mahal kepada pasangan?

Berdasarkan penelusuran Bareksa di dunia maya, harga cincin emas bisa berkisar Rp4 juta hingga Rp10 juta dan makan malam romantis di Jakarta bisa mencapai Rp1 juta untuk 2 orang.

Apabila dikalkulasikan dengan harga termahal, setidaknya seorang pria harus mengeluarkan uang Rp11 juta untuk bisa membelikan hadiah valentine tidak terlupakan bagi pasangannya.

Lalu, apabila kamu hanya bergaji kurang dari Rp5 juta sebulan apakah bisa membeli hal tersebut? Lalu berapa lama?

Jawabannya hal itu bisa saja kamu lakukan, yaitu melalui investasi di reksadana dengan menyisihkan setidaknya Rp300 ribu per bulan dengan investasi awal Rp100 ribu.

Simulasinya seperti dalam grafik berikut :

Illustration
Sumber : Bareksa

Apabila diinvestasikan ke reksadana campuran, Sucorinvest Flexi Fund kelolaan PT Sucorinvest Asset Management maka dalam 3 tahun uang tersebut akan berpotensi tumbuh menjadi Rp13,95 juta dengan perkiraan return 28 persen.

Apabila disimpan di tabungan, maka uang tersebut hanya akan mendapatkan return sekitar 2 persen per tahun dan masih dipotong pajak. Investasimu dalam tiga tahun hanya bertambah menjadi Rp11,2 juta.

Menarik bukan? Ingin mencoba menyiapkan hadiah valintine bagi pasanganmu mulai sekarang?

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Reksadana campuran adalah salah satu alternatif investasi yang dapat memberikan tingkat pengembalian lebih tinggi dari bunga tabungan biasa karena reksadana ini menempatkan dana investasi pada saham, obligasi (surat utang) pemerintah dan swasta, serta sebagian kecil deposito. Risikonya cukup tinggi karena mengikuti fluktuasi dari harga asetnya.

Investasi pada reksadana campuran disarankan hanya untuk investor agresif, yakni investor yang dapat menerima risiko tinggi, terutama risiko fluktuasi NAB (nilai aset bersih) per unit reksadana saham. Investasi reksadana campuran menguntungkan apabila dilakukan dalam jangka menengah hingga panjang (sekitar tiga hingga lima tahun).

Sebelum berinvestasi, ketahuilah dulu tujuan keuangan dan profil risiko untuk mendapatkan kenyamanan dalam memilih produk dan hasil yang maksimal.

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua