BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

FUND PICK: Kinerja Reksa Dana ini Mampu Kalahkan Indeks Saham Dalam 3 Tahun

Bareksa28 Maret 2016
Tags:
FUND PICK: Kinerja Reksa Dana ini Mampu Kalahkan Indeks Saham Dalam 3 Tahun
Seorang karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melalui gadget di Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/Spt/15

Dana Pratama Ekuitas mampu menghasilkan return lebih dari 30% dalam 3 tahun terakhir

Bareksa.com - Dana Pratama Ekuitas merupakan reksa dana yang memiliki kinerja terbaik pada minggu ini di antara reksa dana saham yang diperdagangkan di Marketplace Investasi Bareksa.com (agen penjual: PT Buana Capital, Anggota BEI).

Analis Bareksa menyortir reksa dana dengan berdasarkan return tiga tahun terakhir. Pada barometer Bareksa, reksa dana yang dikelola oleh PT Pratama Asset Management ini memiliki skor 3,5 yang menandakan kinerja reksa dana ini cukup Baik.

Dalam tiga tahun terakhir, reksa dana ini mampu membukukan return 32,47 persen jauh melebihi return pasar reksa dana saham yang menghasilkan return minus 1,23 persen, bahkan mengalahkan indeks saham (IHSG) yang menghasilkan return 2,20 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

Dana Pratama Ekuitas sejak awal tahun hingga saat ini tercatat telah menghasilkan return sebesar 5,54 persen. Dalam sebulan, reksa dana ini mampu menghasilkan return 5,56 persen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata reksa dana saham lainnya dan IHSG yang hanya 4,28 persen dan 3,64 persen.

Grafik: Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Dana Pratama Ekuitas

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Pada grafik di atas terlihat pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana ini memiliki fluktuasi yang sangat tinggi. Tingkat risiko fluktuasi pasar reksa dana ini pun termasuk tinggi dengan nilai 0,0617, di atas rata-rata risiko pasar reksa dana saham lainnya sebesar 0,05.

Hal ini memang disebabkan instrumen investasi ini termasuk reksa dana jenis saham yang menempatkan minimal 80 persen dari aset portofolionya pada efek berupa saham. Di mana pasar saham sendiri setiap harinya bergerak dengan fluktuasi tinggi akibat sentimen positif maupun negatif dari dalam dan luar negeri.

Lantaran risikonya yang cukup tinggi, reksa dana ini tidak direkomendasikan bagi investor pemula dan investor yang memiliki profil risiko rendah (risk averter). Reksa dana ini cocok bagi investor yang memiliki tujuan investasi jangka panjang dan siap menerima fluktuasi pasar dalam jangka pendek serta mengharapkan pertumbuhan aset yang bergerak secara agresif.

Reksa dana ini dipilih dan direkomendasikan tim riset Bareksa karena dinilai memiliki kinerja terbaik (return) minggu ini. Akan tetapi, ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda. Anda tetap harus membaca dan memahami prospektus serta fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan berinvestasi pada reksa dana tersebut.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua