BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

FINANCIAL PLANNER: Inilah Cara Optimal Untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Bareksa18 September 2015
Tags:
FINANCIAL PLANNER: Inilah Cara Optimal Untuk Mengatur Keuangan Keluarga
Financial Planner, Astrie Dewi, ditemui di acara Bareksa InvestDay di Jakarta, Kamis 18 September 2015. (Bareksa/Alfin Tofler)

Beberapa keluarga terkadang masih kesulitan mengelola keuangannya, gaji yang didapat habis untuk belanja sehari-hari

Bareksa.com - Beberapa keluarga terkadang masih mengalami kesulitan untuk mengelola keuangan keluarga. Boro-boro untuk menabung dan berinvestasi, untuk membiayai kehidupan sehari-hari saja terkadang masih sulit.

Gaji yang didapat habis untuk membayar cicilan, membayar utang, belanja kebutuhan sehari-hari dan lainnya. Nah, sebenarnya bagaimana cara mengatur keuangan yang benar?

Menurut Astrie Dewi, seorang perencana keuangan sekaligus owner MoneyGeulis, mengatur keuangan keluarga tidak jauh berbeda dengan mengatur keuangan seseorang yang belum menikah.

Promo Terbaru di Bareksa

Untuk pengeluaran, jumlah alokasinya adalah maksimal 50 persen dari pendapatan dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, maksimal 30 persen untuk kewajiban finansial, dan sisanya maksimal 20 persen digunakan untuk lifestyle.

Kewajiban finansial itu terdiri atas pengeluaran rutin seperti cicilan, utang, asuransi, serta investasi dan dana darurat. Dan jumlah idealnya maksimal 30 persen. Namun jumlah ini bisa ditambah jika pengeluaran sehari-hari dapat dikurangi atau mengurangi pengeluaran untuk lifestyle.

Alokasi untuk dana darurat itu juga penting. Jangan sampai sebuah keluarga tidak memiliki dana darurat. (Baca juga: Dana Darurat Harus Dipersiapkan dari Sekarang. Berapa Besaran Idealnya?)

"Saat ada sesuatu yang terjadi dan membutuhkan uang cepat, maka dana darurat dibutuhkan. Tidak hanya itu, saat ini karena kondisi ekonomi sedang melambat, beberapa perusahaan sudah banyak yang memutuskan hubungan kerja (PHK) karyawannya. Jika tidak memiliki dana darurat, bagaimana cara menghidupi keluarga beberapa bulan ke depan?" kata Astrie.

Jika pengeluaran sehari-hari dapat dikurangi dan pengeluaran untuk lifestyle dapat ditekan, maka alokasi untuk dana darurat serta investasi dapat ditambah.

Namun Astrie berpendapat bahwa memiliki alokasi pengeluaran untuk lifestyle itu perlu. Sebuah keluarga yang hidup di kota besar, tentu tidak bisa terlepaskan dari lifestyle. Lifestyle disini tidak hanya untuk fashion ataupun gadget saja, namun juga termasuk hiburan untuk keluarga, misal rekreasi.

"Anggaran untuk lifestyle itu penting. Kita perlu menikmati hasil kerja keras kita bukan? Tapi jika memang ingin mengutamakan tabungan dan investasi, anggaran lifestyle ini dapat dikurangi, contohnya biasanya kita sekeluarga rekreasi tiap pekan, kini hanya 1 kali dalam sebulan dan sisanya dapat membuat quality time dengan keluarga dirumah," ujar Astrie. (np)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua