BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

SR021 akan Terbit, Biar Tidak FOMO Begini Cara Beli SBN Ritel di Bareksa

Martina Priyanti16 Juli 2024
Tags:
SR021 akan Terbit, Biar Tidak FOMO Begini Cara Beli SBN Ritel di Bareksa
Ilustrasi investor muda yang senang usai melakukan reaktivasi akun SBN Ritel di Bareksa. (Shutterstock)

Kamu yang sudah pernah beli reksadana di Bareksa cukup melengkapi data rekening bank untuk beli SBN Ritel di Bareksa

Bareksa.com - Pemerintah akan kembali menerbitkan seri terbaru Surat Berharga Negara/SBN Ritel yakni berjenis Sukuk Ritel atau SR seri SR021. Nah, jika Kamu ingin berinvestasi di instrumen yang aman karena 100% dijamin negara dan pasti cuan ini, ada baiknya dari sekarang daftar akun SBN Ritel online atau reaktivasi akun SBN di Bareksa.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa meski jenisnya produk investasi syariah, SR termasuk seri SR021 nanti, bisa dibeli oleh semua investor individu Warga Negara Indonesia/WNI tanpa memandang latar belakang agama maupun kepercayaan ya.

Menurut jadwal (sementara) penerbitan SBN Ritel 2024 yang diterbitkan Kementerian Keuangan, investor dapat membeli SR021 selama masa penawaran yang akan berlangsung pada 23 Agustus - 18 September 2024. Seperti halnya SBN Ritel jenis dan seri lainnya, SR021 hanya bisa dibeli di mitra distribusi resmi, salah satunya Bareksa.

Promo Terbaru di Bareksa

Berdasarkan memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel seri sebelumnya yakni SR020 yang diterbitkan pemerintah menyebutkan, ada 10 keuntungan berinvestasi Sukuk Ritel yaitu :

Pertama, pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Negara Ritel telah dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, sehingga tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, pada saat diterbitkan (Pasar Perdana) Imbalan/Kupon ditetapkan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, imbalan/Kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Keempat, imbalan/Kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Pemesanan Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform) dan Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Ketujuh, berpotensi memperoleh capital gain dalam hal sukuk ritel dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kedelapan, dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesembilan, berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kesepuluh, turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Makanya, agar tidak FOMO (fear of missing out) sebaiknya Kamu segera mendaftar atau reaktivasi akun SBN Ritel di Bareksa. Apalagi untuk proses verifikasi pendaftaran akun SBN butuh waktu 2x24 jam. Sehingga jangan sampai saat penawaran tiba, proses verifikasi pendaftaran akunmu di SBN belum selesai.

Siap-siap Investasi SR021 di Sini

Cara Daftar SBN Ritel Online di Bareksa untuk Investor Reksadana

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih SBN di Super App

Dari halaman utama (home), lihat bagian Super App Lainnya dan klik SBN.

Illustration

3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

Illustration

4. Lengkapi Data/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Kamu bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru. Kemudian Kamu bisa memilih rekening bank yang bebas biaya transfer imbal hasil untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. Lalu, klik Lanjutkan.

Illustration

5. Lengkapi Data

Lengkapi/update data pribadi mulai dari pekerjaan hingga alamat. Data sudah terisi otomatis dari basis data di Bareksa, investor hanya perlu memeriksa kembali.

Illustration

6. Upload KTP dan Tanda Tangan

Unggah (upload) e-KTP sesuai dengan petunjuk. Pastikan foto jelas dan tulisan terbaca. Lengkapi juga tanda tangan digital sesuai dengan yang tertera pada KTP. Setelah itu, centang kesepakatan dan klik Lanjutkan.

Illustration

7. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Kamu akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Illustration

Jika sudah punya akun reksadana, apakah Kamu masih perlu mendaftar akun SBN ritel di Bareksa?

Ya. Investor reksadana perlu daftar akun SBN Ritel di Bareksa, dengan cara melengkapi data. Sebab, Kamu perlu mendapatkan rekening sub-registry untuk SBN online.

Adapun Kamu hanya perlu melengkapi data berupa rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon. Proses ini membutuhkan waktu 2x24 jam.

Jika sudah pernah beli SBN, kenapa perlu reaktivasi akun SBN di Bareksa?

Bila Kamu sudah pernah membeli atau transaksi SBN online lebih dari 6 bulan lalu, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan melakukan penonaktifan akun secara otomatis. Supaya bisa kembali membeli SBN Ritel di Bareksa, segera reaktivasi akun SBN di aplikasi Bareksa.

Proses ini sangat mudah, karena Kamu hanya perlu pencet tombol "Reaktivasi Akun Saya" di halaman SBN di super app Bareksa. Reaktivasi akun membutuhkan waktu 2-7 hari kerja.

Siap-siap Investasi SR021 di Sini

Bareksa Midis SBN Terbaik

Sebagai informasi, Bareksa adalah mitra distribusi yang telah membantu penawaran SBN Ritel sejak pertama kali ditawarkan secara online pada 2018. Selain itu, Bareksa meraih penghargaan sebagai mitra distribusi terbaik sejak 2018, atau dalam 5 tahun beruntun.

Bareksa meraih penghargaan sebagai Midis SUN Terbaik Tahun 2022 bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa dari Kementerian Keuangan yakni:

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SUN Ritel Terbaik 2022
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi SR021? Ayo bersiap investasi SR021 di Bareksa.

Siap-siap Investasi SR021 di Sini

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2022 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua