BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Segera Tukar 4 Pecahan Uang Lama Ini, Sisihkan untuk Nabung di Reksadana

Bareksa04 Desember 2018
Tags:
Segera Tukar 4 Pecahan Uang Lama Ini, Sisihkan untuk Nabung di Reksadana
Penukaran 4 pecahan uang kertas lama (doc Bank Indonesia)

Penukaran uang pecahan emisi tersebut, dapat dilakukan di seluruh kantor Bank Indonesia hingga 30 Desember 2018

Bareksa.com – Bank Indonesia melalui Peraturan Bank Indonesia No.10/33/PBI/2008 tanggal 25 November 2008 telah melakukan pencabutan dan penarikan beberapa pecahan uang kertas rupiah.

Pecahan uang kertas rupiah yang dicabut dan ditarik itu adalah:

1. Rp10.000 Tahun Emisi (TE) 1998 (Gambar Muka: Pahlawan Nasional Tjut Njak Dhien);

Promo Terbaru di Bareksa

2. Rp20.000 Tahun Emisi (TE) 1998 (Gambar Muka: Pahlawan Nasional Ki Hadjar Dewantara);

3. Rp50.000 Tahun Emisi (TE) 1999 (Gambar Muka: Pahlawan Nasional WR. Soepratman); dan

4. Rp100.000 Tahun Emisi (TE) 1999 (Gambar Muka: Pahlawan Proklamator Dr.Ir.Soekarno dan Dr. H. Mohammad Hatta).

“Bagi masyarakat yang masih memiliki uang pecahan emisi tersebut, dapat melakukan penukaran di seluruh kantor Bank Indonesia hingga 30 Desember 2018,” tulis siaran pers Departemen Komunikasi Bank Indonesia pada Senin, 3 Desember 2018.

Dalam siaran pers itu, Bank Indonesia membuka layanan penukaran sampai dengan 30 Desember 2018, termasuk layanan khusus pada 29-30 Desember 2018.

Nabung Reksadana

Bagi Anda yang masih memiliki uang pecahan emisi di atas dan siap menukarkannya ke Bank Indonesia, jangan lupa bahwa Anda bisa mengalihkannya dengan menabung reksadana. Langkah ini bisa Anda pilih sebagai alternatif investasi ketimbang hanya menabung di bank.

Menabung reksadana bisa Anda lakukan di Bareksa. Bareksa merupakan perusahaan fintech pertama di Indonesia yang telah mendapatkan izin sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Marketplace reksadana yang terintegrasi dengan Bareksa ini dibangun untuk memudahkan masyarakat melakukan investasi reksadana secara online.

Dalam bertransaksi reksadana online ini yang bisa diakses cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet, nasabah bisa dengan mudah membuka akun, membeli dan menjual reksa dana. Dengan demikian, investasi reksa dana lebih cepat, ringkas, tanpa perlu repot datang ke bank dan kantor perusahaan manajer investasi. Nasabah pun tidak perlu khawatir tentang keamanan transaksi ini karena semua berlangsung secara resmi dan aman.

Bagi Anda yang baru mengenal Bareksa, Anda cukup mengunjungi www.bareksa.com atau unduh aplikasi Bareksa dan ikuti langkah pembukaan akun.

Pembukaan akun reksadana ini sudah dapat menggunakan tanda tangan digital melalui sistem pada saat nasabah mengisi formulir pembukaan rekening (FPR) secara online. Tanda tangan digital ini memungkinkan nasabah tidak perlu print out kembali dan mengirimkannya melalui pos.

Setelah proses pembukaan akun reksadana dan aktivasi selesai dilakukan, kita dapat ‘Login’ dengan menggunakan alamat e-mail dan password yang telah didaftarkan pada saat pembukaan akun. Setelah login, kita dapat membeli reksadana secara online pada produk yang tersedia pada marketplace reksadana Bareksa dengan mengklik menu ‘Beli Reksa Dana’. Kemudian pilih Jenis, Manajer Investasi, dan Nama Produk Reksa Dana.

Sebelum melakukan pembelian reksadana pada marketplace reksadana, kita juga dapat menggunakan tools Bareksa ‘Pilih Reksa Dana Anda’ yang tersedia pada menu ‘Data dan Alat’. Pemilihan itu dapat kita sesuaikan dengan tingkat keuntungan (return) dan risikonya.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo Nabung Reksadana!

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua