BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Pengen Kostum Cosplay Iron Man Tapi Uang Terbatas? Baca Trik Ini

09 Januari 2018
Tags:
Pengen Kostum Cosplay Iron Man Tapi Uang Terbatas? Baca Trik Ini
Action figure karakter Iron Man. (Sumber : www.sideshowtoy.com)

Meskipun uang terbatas, namun ada dua trik membeli kostum Iron Man untuk menyalurkan hobi cosplay

Bareksa.com - Aktivitas cosplay memang masih menjadi hobi yang menarik untuk dilakukan bagi sebagian orang. Istilah cosplay berasal dari gabungan kata “costume (kostum)” dan “play (bermain)”. Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun.

Salah satu alasan utama cosplay menarik bagi sebagian orang adalah tentu saja karena aktivitas ini membebaskan kita dalam berkarya dan berekspresi untuk menjadi siapapun yang disukai, mulai dari karakter anime, manga, game, bahkan hingga superhero dalam sebuah film. (Baca : Sri Mulyani Naikkan Tunjangan PNS, Ini Strategi Punya Rp1 Miliar Saat Pensiun)

Meskipun penuh kebebasan, bukan berarti cosplay bisa dilakukan asal-asalan. Aktivitas ini menuntut banyak perhatian dan ketekunan, hingga perencanaan yang matang. Hal yang selalu menjadi pertimbangan adalah bagaimana memiliki kostum untuk karakter yang akan di-cosplay-kan, karena untuk memiliki sebuah kostum cosplay memerlukan dana yang tidak sedikit.

Promo Terbaru di Bareksa

Sebagai contoh, harga sebuah kostum cosplay karakter Iron Man yang dijual di salah satu situs belanja online Tokopedia bahkan dibanderol sekitar Rp4,5 juta. Harga yang cukup fantastis untuk sebuah hobi. Namun, jika memang sangat mengidamkan kostum superhero kelompok Avengers ini, kita tidak perlu khawatir karena kita bisa mendapatkannya dengan beberapa opsi. (Lihat : Hampir Semua Reksa Dana di Bareksa Bisa Autodebet, Ini Cara untuk Berhenti)

Dalam situs Tokopedia, ternyata terdapat fasilitas cicilan untuk dapat membeli kostum Iron Man tersebut, dengan jangka waktu terlama 24 kali cicilan dengan besaran Rp187.500 setiap bulan. Mungkin dengan begitu akan cukup meringankan kita yang memiliki dana terbatas untuk membeli secara tunai kostum tersebut.

Menabung di Reksa Dana

Namun, kita juga dapat mencoba alternatif lain yang akan lebih menguntungkan dibandingkan hanya sekedar mencicil tiap bulan pembayaran tersebut. Caranya dengan mengalihkan uang kita untuk diinvestasikan secara rutin ke dalam reksa dana pasar uang. (Baca : Vivo V7+ Bisa Dibeli Hanya dengan Nabung Rp 5 Ribuan per Hari? Ini Strateginya)

Dengan berinvestasi di reksa dana pasar uang, kita berpotensi mendapatkan pertumbuhan dana yang stabil dengan risiko yang relatif kecil. Berikut simulasinya ;

Illustration

Katakan kita menyisihkan uang secara rutin yang tadinya akan digunakan untuk mencicil pembayaran kontum cosplay sekitar Rp187.500 per bulan dalam jangka waktu yang sama dengan cicilan tersebut yakni 24 kali cicilan (dua tahun). Lalu kita investasikan uang itu di reksa dana pasar uang Sucorinvest Money Market Fund yang dikelola oleh PT Sucorinvest Asset Management. (Lihat : Nabung Rp 10 Ribu per Hari Bisa Beli Samsung Galaxy Note 8? Simak Strategi Ini)

Illustration

Dapat dilihat dari tabel di atas, bahwa uang pokok yang terkumpul selama dua tahun bisa mencapai Rp4,69 juta. Kemudian, ditambah dengan kenaikan atas hasil investasi kita sebesar Rp378.045 atau tumbuh 8,06 persen, maka uang yang berhasil kita kumpulkan sebesar Rp5 juta. (Baca : Daftar 12 Fakta Soal Reksa Dana : Return Tinggi, Diawasi OJK, hingga Bebas Riba)

Dengan demikian uang kita telah cukup untuk membeli kostum cosplay yang seharga Rp4,5 juta tersebut. Selain itu, juga masih terdapat dana lebih atas keuntungan berinvestasi di reksa dana pasar uang.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai berinvestasi di reksa dana. (hm) (Lihat : Tiga Langkah Membeli Reksa Dana Online di Bareksa)

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua