BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

FUND PICK: Porsi Saham Besar, Reksa Dana ini Berpontesi Hasilkan Return Maksimal

Bareksa25 Februari 2016
Tags:
FUND PICK: Porsi Saham Besar, Reksa Dana ini Berpontesi Hasilkan Return Maksimal
Booth MNC Asset Management di Pekan Reksa Dana, Bursa Efek Indonesia, Jumat 29 Januari 2016. (Bareksa/Alfin Tofler)

Penurunan NAB pada reksa dana MNC Dana Kombinasi, dapat menjadi peluang untuk mendapatkan NAB yang lebih rendah (murah)

Bareksa.com - MNC Dana Kombinasi merupakan reksa dana yang memiliki kinerja terbaik pada minggu ini di antara seluruh reksa dana pasar uang yang diperdagangkan di marketplace investasi Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI).

Analis Bareksa menyortir reksa dana dengan menggunakan barometer satu tahun. Reksa dana MNC Dana Kombinasi menunjukan skor 3,5 yang berarti reksa dana ini memiliki kinerja yang cukup baik. karena Semakin baik kinerja reksa dana maka reksa dana tersebut akan mendekati atau mencapai skor 5.

Pengukuran Barometer sendiri didasarkan pada sejumlah parameter, yaitu return reksa dana dibanding dengan risikonya, pertumbuhan dana kelolaan, serta penilaian kinerja dibandingkan dengan benchmark.

Promo Terbaru di Bareksa

Dalam setahun, reksa dana yang dikelola oleh PT MNC Asset Management ini menghasilkan return minus sebesar 14,10 persen. Dan secara year-to-date (YTD) juga masih menghasilkan return yang minus sebesar 1,40 persen.

Bila dibandinkan dengan return pasar dalam setahun yang tercatat minus 8,47 persen dan 1,49 persen secara YTD. reksa dana ini memiliki kinerja dibawah benchmark.

Namun penurunan ini dapat menjadi peluang investor jangka menengah hingga panjang untuk mendapatkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang lebih rendah atau murah sehingga pada saat terjadi kenaikan NAB keuntungan yang didapat akan maksimal.

Dari segi risiko, reksa dana ini tergolong cukup tinggi dengan nilai standar deviasi sebesar 0,048 yang hampir berada di batas maksimal nilai rata-rata standar deviasi yang memiliki range antara 0,025 - 0,05.

Grafik: Pergerakan NAB Reksa Dana MNC Dana Kombinasi

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Pada grafik terlihat reksa dana cukup memiliki flkutuasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan pada fund fact reksa dana memiliki komposisi yang besar pada efek saham sebesar 47,30 persen, obligasi sebesar 30,38 persen, dan setara kas sebesar 22,28 persen.

Meski kinerja reksa dana ini masih dibawah benchmark, reksa dana ini memiliki peluang menghasilkan return yang maksimal pada saat ekonomi mulai pulih dan pasar saham sudah mulai masuk naik (Bullish).

Reksa dana ini cocok bagi Investor yang berminat pada investasi reksa dana yang fleksibel dalam menempatkan asetnya ke produk pasar modal seperti saham dan obligasi.

Serta dengan flkutuasi pergerakan NAB yang cukup tinggi, reksa dana ini juga sesuai bagi investor yang memiliki profil risiko sedang sampai tinggi dengan periode jangka investasi minimal 3 tahun.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua