IHSG Dibuka Lompat, Saham AMMN Lanjut Melesat 14,43%

Hanum Kusuma Dewi • 28 May 2024

an image
Seseorang memegang smartphone dengan logo perusahaan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) di layar yang menampilkan situs web perusahaan, 24 Juli 2023. (Shutterstock/T. Schneider)

Saham emiten tambang emas dan tembaga ini sempat mencapai level tertinggi intraday di Rp15.000

Bareksa.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini (28/5/2024) dibuka sumringah naik 1,4% ke 7.276,69 pada pukul 9.21 WIB. Saham AMMN menjadi salah satu yang paling ramai diperdagangkan pada pagi ini dengan nilai transaksi terbesar di Bursa.

Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) dibuka melesat 14,23% di Rp14.450 dan sempat mencapai level tertinggi intraday di Rp15.000. Penguatan ini melanjutkan kenaikan 20% pada perdagangan kemarin (27/5/2024). Per pukul 9.21 WIB hari ini nilai transaksinya mencapai Rp309 miliar, sekitar seperlima nilai transaksi Bursa sebesar Rp1,5 triliun.

Harga saham AMMN melesat 14,23%. Sumber: Bareksa Saham

Menurut data order book saham AMMN per pukul 9:23 WIB, terlihat antrean beli (bid) yang jauh lebih sedikit daripada antrean jual (offer). Jumlah antrean beli mencapai 14.888 lot, sementara antrean jual mencapai tiga kali lipatnya sebanyak 44.246 lot.

Harga bid terbanyak di Rp14.200 dengan antrean sebanyak 619 lot. Sementara itu, offer terbanyak di harga Rp14.575 sebanyak 1.439 lot. Banyaknya jumlah offer daripada bid bisa mengindikasikan banyak pelaku pasar yang memasang order jual di harga tinggi, atau take profit setelah saham ini melesat dalam waktu singkat.

Sebagai informasi, Amman Mineral adalah perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, yang mengoperasikan tambang Batu Hijau di Nusa Tenggara Barat. Menurut laporan terbaru, perusahaan tambang emas ini membukukan penjualan bersih US$602 juta pada kuartal I-2024, naik tipis 1% dari periode yang sama tahun lalu dengan raihan US$597 juta.

Selain itu, Perseroan dijadwalkan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 6 Juni 2024 yang berlangsung di Soehanna Hall The Energy Building, Jakarta Selatan. Salah satu agenda rapat adalah persetujuan untuk penggunaan laba bersih.

Beli Saham, Klik di Sini

(Sigma Kinasih/Ariyanto Dipo Sucahyo/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

D​ISCLAIMER​​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.