BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Pefindo Tegaskan Peringkat ida+ untuk Merdeka Copper Gold (MDKA)

Martina Priyanti05 September 2024
Tags:
Pefindo Tegaskan Peringkat ida+ untuk Merdeka Copper Gold (MDKA)
Tambang Tembaga Wetar yang dikelola oleh PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) di Pulau Wetar, Maluku Barat Daya. (Perusahaan)

Pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (5/9/2024) saham MDKA berada pada posisi Rp2.280

Bareksa.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA+ untuk PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) serta Obligasi Berkelanjutan III dan Obligasi Berkelanjutan IV yang diterbitkan. Prospek untuk peringkat Perusahaan adalah stabil. Peringkat mencerminkan kegiatan usaha MDKA yang terintegrasi vertikal, bisnis yang terdiversifikasi dengan baik, serta cadangan dan sumber daya tambang yang memadai.

Illustration

Sumber: Pefindo

Melansir laman Ikhtisar Peringkat, Pefindo menyampaikan peringkat dibatasi oleh kebijakan keuangan dan struktur permodalan yang moderat serta eksposur terhadap fluktuasi harga komoditas. "Peringkat dapat dinaikkan jika MDKA berhasil mengoperasikan proyek-proyek baru yang dimiliki serta menghasilkan pendapatan atau EBITDA yang lebih besar dibandingkan yang diproyeksikan yang akan berdampak positif bagi kondisi keuangan dan dapat lebih lanjut meningkatkan profil keuangan Perusahaan," sebut Pefindo tertanggal 4 September 2024.

Promo Terbaru di Bareksa

Lebih lanjut Pefindo menyampaikan bahwa peringkat dapat diturunkan apabila MDKA menghasilkan pendapatan atau marjin keuntungan yang lebih rendah dari yang diproyeksikan yang diakibatkan oleh proyek-proyek baru yang beroperasi dengan tidak maksimal dan secara agresif meningkatkan utang untuk membiayai belanja modal tanpa diiringi dengan meningkatnya pendapatan atau EBITDA yang dapat berdampak pada semakin agresifnya rasio struktur permodalan Perusahaan.

Menurut Pefindo Penurunan yang signifikan dari harga komoditas, terutama nikel, emas, dan tembaga juga dapat memicu penurunan peringkat, dikarenakan kondisi ini dapat memperburuk profil keuangan Perusahaan dan dapat meningkatkan ketergantungan Perusahaan pada fleksibilitas keuangannya untuk membiayai kembali utangnya.

Melansir laman Pefindo, MDKA bergerak dalam kegiatan pertambangan dan hilirisasi produk nikel. Perusahaan memiliki beberapa proyek, yang berlokasi di Tujuh Bukit di Banyuwangi dan Pani di Gorontalo untuk pertambangan emas, Pulau Wetar, Maluku untuk pertambangan tembaga, Konawe di Sulawesi Tenggara untuk pertambangan nikel, dan proyek Acid Iron Metal (AIM), smelter Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF), dan smelter nickel matte di Indonesia Morowali Industrial Park, Sulawesi Tengah. Per 31 Juli 2024, pemegang saham Perusahaan adalah PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (18,847%), PT Mitra Daya Mustika (11,880%), Garibaldi Thohir (7,556%), PT Suwarna Arta Mandiri (5,505%), dan lainnya, termasuk publik dan saham treasuri MDKA (56,212%).

Illustration


Sumber: Pefindo

Sementara itu pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (5/9/2024) saham MDKA berada pada posisi Rp2.280.

Beli Saham, Klik di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.356,73

Up0,66%
Up3,72%
Up5,53%
Up6,43%
Up18,36%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

1.062,54

Up0,67%
Up3,59%
Up5,39%
---

Capital Fixed Income Fund

1.812,99

Up0,60%
Up3,42%
Up4,84%
Up6,97%
Up16,16%
Up40,78%

Insight Renewable Energy Fund

2.232,03

Up0,57%
Up3,33%
Up4,74%
Up6,88%
Up19,10%
Up35,46%

Syailendra Sharia Fixed Income Fund

limited

1.026,43

Up0,51%
Up2,37%
----

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua