Setoran BBRI ke Kas Negara Tembus Rp192 Triliun

Martina Priyanti • 21 Jun 2024

an image
Ilustrasi nasabah BBRI membuka layanan digital BRI. (Shutterstock)

BBRI sebagai perusahaan BUMN memiliki peran sebagai agent value creator dan agent of development

Bareksa.com - Di tengah kondisi ekonomi global yang penuh dengan ketidakpastian, PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BBRI) menyampaikan terus memberikan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk negara. Hal dimaksud, dibuktikan dengan kontribusi BRI yang signifikan dalam menyetorkan pajak dan pungutan negara.

Terhitung sejak tahun 2019 hingga akhir Kuartal I 2024, BRI telah menyetorkan total Rp192,06 triliun kepada kas negara. Apabila dirinci, pada 2019 BRI menyetorkan Rp26,56 triliun, kemudian 2020 sebesar Rp28,38 triliun, dan pada 2021 menyetorkan Rp27,09 triliun, serta pada 2022 menyetorkan Rp34,18 triliun, kemudian pada tahun lalu atau 2023 menyetorkan Rp45,34 triliun.

Adapun dalam tiga (3) bulan pertama di tahun ini/2024, BRI telah menyetorkan senilai Rp31,03 triliun ke kas negara. Setoran ini berasal dari pembayaran Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai & Bea Materai, Pajak Penghasilan Badan, Dividen dan Pajak Daerah.

Direktur Utama BBRI, Sunarso pada sebuah kesempatan menyampaikan bahwa BBRI sebagai perusahaan BUMN, memiliki peran sebagai agent value creator dan agent of development. Agar dapat menjalankan fungsi tersebut secara simultan, BRI harus mencetak keuntungan. Sunarso menekankan bahwa sebagai 'bank rakyat', keuntungan yang diperoleh BRI pun pada akhirnya akan kembali ke negara sebagai pemegang saham mayoritas, selanjutnya dipergunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia melalui berbagai program Pemerintah.

"Dengan memperoleh keuntungan atau economic value, maka perusahaan BUMN bisa memiliki modal untuk menciptakan social value sehingga ekonomi akan berputar," kata Sunarso. Lanjutnya, "BRI sudah membuktikan bahwa selama ini bisa menjalankan peran economic value dan social value secara simultan".

Beli Saham di Sini
(IQPlus/17160107/mp)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.