RUPS ADRO Setuju Bagi Dividen US$400 Juta, Ganti Direksi hingga Buyback Saham Rp4 Triliun

Abdul Malik • 15 May 2024

an image
Aktivitas pertambangan di tambang milik PT Adaro Energy Tbk (ADRO) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Shutterstock)

Sisanya US$841,43 juta ditetapkan sebagai laba ditahan

Bareksa.com - PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) hari ini menyelenggarakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) 2024 di Hotel Raffles Jakarta, secara fisik dan elektronik melalui fasilitas electronic general meeting system KSEI (eASY.KSEI) yang disediakan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. "Kami bersyukur dapat menyelenggarakan rapat dengan sukses. Terima kasih kepada seluruh pemegang saham atas dukungan dan partisipasi dalam perkembangan Adaro sampai hari ini," ujar Presiden Direktur ADRO, Garibaldi Thohir dalam keterangannya (15/5).

Pria yang akrab disapa Boy Thohir itu menyatakan perseroan berkomitmen untuk memberikan pengembalian (return) dalam bentuk dividen tunai yang dibagikan secara reguler dan pembelian kembali saham perseroan. "Setelah membagikan dividen interim pada Januari 2024, pada Rapat ini kami mendapat persetujuan para pemegang saham Perseroan untuk membagikan dividen tunai final sejumlah US$400 juta," kata dia.

Para pemegang saham ADRO menyetujui penggunaan laba tahun berjalan tahun buku 2023 US$1,64 miliar di antaranya US$800 juta atau 48,74% untuk pembayaran dividen tunai, yang terdiri dari US$400 juta untuk dividen interim yang telah dibayarkan perseroan pada 12 Januari 2024, dan US$400 juta untuk dividen tunai final. Sisanya US$841,43 juta ditetapkan sebagai laba ditahan.

Investasi Saham di Sini

Para pemegang saham ADRO juga menyetujui perubahan Pasal 4 ayat (2) Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan pengurangan modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penarikan saham hasil pembelian kembali perseroan 1,22 miliar saham atau mewakili 3,84% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh. Sehingga modal ditempatkan dan disetor ADRO yang semula berjumlah 31,98 miliar saham dengan nilai nominal sejumlah Rp3,19 triliun menjadi 30,75 miliar saham dengan nilai nominal sejumlah Rp3,07 triliun.

RUPST ADRO juga menyetujui pengangkatan Iwan Dewono Budiyuwono sebagai direktur sampai dengan penutupan RUPST 2028, serta memberikan pembebasan dan pelunasan sepenuhnya (acquit et decharge) kepada Chia Ah Hoo dari jabatannya sebagai direktur.

Dengan demikian susunan anggota Direksi ADRO jadi sebagai berikut:

Presiden Direktur: Garibaldi Thohir
Wakil Presiden Direktur: Christian Ariano Rachmat
Direktur: Michael William P. Soeryadjaya
Direktur: Mohammad Syah Indra Aman
Direktur: Julius Aslan
Direktur: Iwan Dewono Budiyuwono

RUPST ADRO juga menyetujui rencana pembelian kembali (buyback) saham berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29 Tahun 2023 tentang Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Perusahaan Terbuka, dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp4 triliun, yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 12 bulan terhitung sejak 16 Mei 2024.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/13545721/AM)
***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

D​ISCLAIMER​​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.