Dharma Polimetal (DRMA) Ekspor Perdana Komponen Mobil ke AS

Hanum Kusuma Dewi • 14 May 2024

an image
Jajaran direksi Darma Kyungsin Indonesia yang merupakan join venture dari PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) dan Kyungsin Corporation saat seremoni ekspor perdana komponen mobil wire harness di Cirebon, 14 Mei 2024. (Bareksa)

Melalui joint venture Darma Kyungsin Indonesia, perseroan memperkirakan ekspor senilai US$15,8 juta di tahun 2024,

Bareksa.com – Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mencatat ekspor perdana komponen otomotif berupa kabel kelistrikan yang juga digunakan untuk kendaraan listrik ke Amerika Serikat. Total nilai dari rangkaian ekspor Perseroan tersebut direncanakan akan mencapai sekitar US$15,8 juta di tahun 2024, dan senilai US$26,8 juta di tahun 2025.

Seremoni peluncuran ekspor perdana dipimpin langsung oleh Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso di Cirebon pada 14 Mei 2024. “Ekspor ini merupakan pencapaian yang membanggakan, karena Perseroan telah berpartisipasi dalam meningkatkan devisa Negara. Harapannya, kegiatan ekspor ini akan terus berkembang secara berkelanjutan sehingga menghasilkan manfaat besar baik bagi pemegang saham, maupun bagi penguatan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” kata Irianto Santoso.

Adapun untuk ekspor perdana ini telah berangkat dua kontainer berisi komponen senilai sekitar US$450.000. Sukses DRMA mencatatkan sejarah baru Perseroan melalui ekspor komponen otomotif ke Amerika Serikat ini berangkat dari kesempatan yang diterima oleh anak perusahaan, PT Dharma Kyungshin Indonesia untuk memasok wiring harness ke Amerika Serikat untuk digunakan pada kendaraan merk Hyundai dan KIA di sana.

PT Dharma Kyungshin Indonesia (DKI) adalah perusahaan patungan antara Dharma Group dan Kyungshin Corporation yang bergerak di bisnis manufakturing untuk perkabelan otomotif (otomotive wiring harness manufacturer). Partner DRMA, Kyungshin Corporation juga sudah memasok komponen untuk kendaraan listrik sehingga ada potensi bagi DRMA untuk memproduksi komponen yang bisa digunakan untuk kendaraan listrik melalui DKI. Ekspor ke Amerika Serikat ini diharapkan akan menjadi langkah kunci Perseroan dalam menembus pasar global komponen otomotif.

Sementara, pada kuartal pertama 2024 ini, Perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp1,34 triliun, tumbuh positif sebesar 3,1% QoQ di tengah situasi ‘wait and see’ menunggu kepastian politik terkait pelaksanaan pemilu dan gugatan hasil pemilihan presiden di kuartal pertama. Dengan telah dimulainya ekspor komponen otomotif ke Amerika Serikat ini, penjualan DKI diperkirakan akan terus meningkat dari kuartal kedua tahun ini, sehingga kinerja DRMA akan semakin membaik pada kuartal-kuartal berikutnya

PT Dharma Polimetal Tbk sebagai Holding Company Dharma Group, yang berdiri sejak tahun 1989, bergerak di bidang usaha komponen otomotif untuk sepeda motor dan mobil. Sebagai salah satu anak Perseroan dari Triputra Group, Dharma Group mempunyai latar belakang manajemen yang berpengalaman di industri otomotif nasional. Dharma Group telah menjadi bagian dari mata rantai pasokan otomotif terintegrasi dengan produk-produk suku cadang dan komponen yang inovatif dan berkualitas sesuai dengan standar pabrikan kelas dunia.

Investasi Saham di Sini
(hm)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

D​ISCLAIMER​​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.