BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Stok AS Turun, Harga Minyak Melesat ke Level Tertinggi dalam 4 Bulan

Abdul Malik14 Maret 2024
Tags:
Stok AS Turun, Harga Minyak Melesat ke Level Tertinggi dalam 4 Bulan
Ilustrasi lonjakan harga minyak akibat kekhawatiran ketatnya pasokan. (Shutterstock)

Harga minyak Brent berjangka naik US$2,11 atau 2,6% menjadi US$84,03 per barel, merupakan penutupan tertinggi sejak 6 November

Bareksa.com - Harga minyak naik sekitar 3 persen ke level tertinggi dalam empat bulan pada hari Rabu karena penarikan mendadak persediaan minyak mentah AS, penurunan stok bensin AS yang lebih besar dari perkiraan dan potensi gangguan pasokan setelah serangan Ukraina terhadap kilang Rusia. Brent berjangka naik US$2,11, atau 2,6% menjadi US$84,03 per barel, merupakan penutupan tertinggi Brent sejak 6 November. Sementara minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) naik US$2,16, atau 2,8% menjadi US$79,72 per barel.

Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan perusahaan-perusahaan energi secara mengejutkan menarik 1,5 juta barel minyak mentah dari stoknya selama pekan yang berakhir 8 Maret. Dibandingkan dengan perkiraan para analis yang memperkirakan peningkatan produksi 1,3 juta barel dalam jajak pendapat Reuters dan penarikan 5,5 juta barel yang ditunjukkan dalam data dari American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok industri.

Sementara itu, harga bensin berjangka AS menunjukkan kenaikan harga terbesar di seluruh kompleks energi, naik sekitar 2,9% ke level tertinggi sejak September 2023 setelah EIA mengatakan perusahaan-perusahaan energi menarik cadangan bensin yang jauh lebih besar dari perkiraan, yaitu 5,7 juta barel pada minggu lalu. Ini lebih besar dari penarikan 1,9 juta barel dari stok bensin yang diperkirakan para analis dalam jajak pendapat Reuters.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Saham di Sini

"Bahan bakar menggerakkan kita hari ini. Ada kekhawatiran yang semakin besar tentang semakin ketatnya kombinasi pemeliharaan musiman dan pemadaman lainnya," kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group.

Kenaikan harga bensin tersebut meningkatkan selisih bensin dan 321 crack, yang mengukur margin keuntungan penyulingan, ke level tertinggi masing-masing sejak Agustus dan September 2023. Di Rusia, Ukraina menyerang kilang minyak pada hari kedua serangan pesawat tak berawak besar-besaran, yang menyebabkan kebakaran di kilang terbesar Rosneft yang menurut Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan upaya untuk mengganggu pemilihan presiden negaranya minggu ini.

".Karena kapasitas penyulingan Rusia rusak akibat serangan pesawat tak berawak Ukraina, hal ini dapat mengakibatkan Rusia mengekspor lebih sedikit bahan bakar diesel sehingga berpotensi bagi Rusia untuk mulai mengimpor bensin dan tentu saja akan mempengaruhi harga di seluruh dunia," kata Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Rekan di Houston.

Putin mengatakan kepada negara-negara Barat bahwa Rusia secara teknis siap menghadapi perang nuklir dan jika AS mengirim pasukan ke Ukraina, hal itu akan dianggap sebagai eskalasi konflik yang signifikan. Namun Putin juga mengatakan dia melihat tidak perlunya penggunaan senjata nuklir di Ukraina. Minyak dan pasar keuangan yang lebih luas juga mendapat dukungan dari sentimen bahwa data terbaru mengenai inflasi AS tidak akan menggagalkan penurunan suku bunga pada pertengahan tahun.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/07325597/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,58

Up0,49%
Up3,72%
Up0,04%
Up4,75%
Up18,40%
-

Capital Fixed Income Fund

1.792,73

Up0,56%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,95%
Up16,60%
Up40,13%

I-Hajj Syariah Fund

4.871,33

Up0,59%
Up3,20%
Up0,03%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,73

Up0,53%
Up3,64%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147

Up0,31%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,27%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua