BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Daftar 14 Reksadana Pemberi Dividen di Bareksa Mencorong, Cuan hingga 5,84% Sebulan

Abdul Malik13 September 2024
Tags:
Daftar 14 Reksadana Pemberi Dividen di Bareksa Mencorong, Cuan hingga 5,84% Sebulan
Ilustrasi investor sedang menghitung keuntungan investasi di reksadana karena meraih imbal hasil dan dividen. (Shutterstock)

Ada BNI-AM Inspiring Equity Fund, Schroder Dana Mantap Plus II, Trimegah Fixed Income Plan, Batavia Dana Obligasi Utama, hingga Sucorinvest Monthly Income Fund

Bareksa.com - Daftar reksadana pembagi dividen di super app investasi Bareksa sedang mencorong, bahkan cuannya mencapai 5,84% sebulan terakhir. Kondisi itu seiring bergairahnya pasar saham dan obligasi Tanah Air di tengah optimisme investor atas prospek pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) dalam rapat (FOMC) pada 17-18 September pekan depan. Kondisi ini membuat potensi cuan investor semakin berlipat. Sebab, selain mendapatkan imbal hasil yang saat ini sedang melesat, juga berpeluang meraih dividennya.

Terbaru, kini ada sebanyak 14 reksadana yang tersedia di Bareksa yang memiliki fitur pembagian dividen. 11 di antaranya merupakan jenis reksadana pendapatan tetap, 3 lainnya masing-masing 1 produk reksadana saham, indeks dan campuran. BNI-AM Inspiring Equity Fund yang merupakan jenis reksadana saham berhasil mencatatkan cuan 5,84% sebulan terakhir. Alokasi aset reksadana ini pada Agustus 2024, sebanyak 85% di saham dan 15% di pasar uang.

Portofolio investasi reksadana dengan dana kelolaan Rp1,29 triliun ini pada Agustus 2024, di antaranya 9,33% atau sekitar Rp138 miliar di saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), kemudian 9,12% atau sekitar Rp117 miliar di saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), serta 7,74% atau sekitar Rp99 miliar di saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Reksadana di Sini

Illustration

Sumber : fund fact sheet BNI-AM Inspiring Equity Fund Agustus 2024

Menurut prospektus, reksadana BNI-AM Inspiring Equity Fund punya kebijakan pembagian dividen, yakni dalam hal nilai investasi yang dimiliki oleh investor di bawah Rp2 miliar, maka pembagian hasil investasi yang menjadi hak pemegang unit penyertaan akan dikonversikan menjadi unit penyertaan baru. Namun jika nilai investasinya setara atau di atas Rp2 miliar, maka pembagian hasil investasi akan diberikan dalam bentuk uang tunai.

Beli Reksadana di Sini

Dividen Reksadana Pendapatan Tetap

Di jenis reksadana pendapatan tetap ada Schroder Dana Mantap Plus II yang berhasil mencatatkan cuan 1,17% dalam sebulan terakhir. Reksadana dengan dana kelolaan Rp1,8 triliun pada Agustus 2024 ini mengalokasikan 96,3% dari asetnya di obligasi dan 367% di pasar uang. Portofolio investasinya di antaranya Obligasi Negara Indonesia seri FR0064, FR0068, FR0082, FR0083, FR0087, FR0091, FR0092, FR0096, FR0097 dan FR0100.

Reksadana ini punya kebijakan pembagian hasil investasi jika ada, yakni akan dibukukan ke dalam Schroder Dana Mantap Plus II, sehingga selanjutnya akan meningkatkan nilai aktiva bersih. Manajer investasi sewaktu-waktu bisa membagikan sebagian keuntungan yang diperoleh Schroder Dana Mantap Plus II dalam bentuk uang tunai kepada pemegang unit penyertaan (nasabah), atau dapat diinvestasikan kembali menjadi unit penyertaan bila diinginkan oleh nasabah.

Pembagian keuntungan dalam bentuk uang tunai dapat menyebabkan nilai aktiva bersih per unit penyertaan Schroder Dana Mantap Plus II terkoreksi. Pembayaran pembagian keuntungan berupa uang tunai akan ditransfer ke rekening yang terdaftar atas nama nasabah. Selain itu, semua biaya bank termasuk biaya transfer tersebut menjadi beban nasabah.

Beli Reksadana di Sini

Selanjutnya ada Trimegah Fixed Income Plan yang mencatat imbal hasil 0,81% sebulan terakhir. Reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan Rp2,28 triliun itu mengalokasikan 95,17% asetnya di obligasi, utamanya obligasi korporasi. Top portofolionya di antaranya Obligasi II Wahana Inti Selaras Tahun 2023 Seri B, Obligasi Berkelanjutan I Trimegah Sekuritas Indonesia Tahap I Tahun 2023 Seri B, Obligasi Berwawasan Lingkungan I Arkora Hydro Tahun 2023 Seri A, hingga Obligasi Berkelanjutan I Provident Investasi Bersama Tahap I Tahun 2023 Seri B.

Kebijakan dividen reksadana ini ialah setiap hasil investasi yang diperoleh akan dibukukan ke dalam Trimegah Fixed Income Plan, sehingga akan meningkatkan nilai aktiva bersih. Manajer investasi berwenang untuk membagikan hasil investasi dalam bentuk tunai atau dikonversi jadi unit penyertaan. Jika dalam bentuk tunai, maka dividen akan ditransfer ke rekening nasabah, yang akan menyebabkan nilai aktiva bersih per unit penyertaan terkoreksi. Namun jika dalam bentuk unit penyertaan, maka manajer investasi akan menginstruksikan kepada Bank Kustodian untuk mengonversi dividen menjadi unit penyertaan baru. Dividen Trimegah Fixed Income Plan akan dibagikan setiap 3 bulan sekali, pada Maret, Juni, September dan Desember.

Beli Trimegah Fixed Income Plan di Sini

Kemudian Batavia Obligasi Utama mencatatkan return 0,67% sebulan terakhir. Reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan Rp1,66 triliun ini punya kebijakan investasi 80-100% di efek bersifat utang atau efek beragun aset dan sisanya di pasar uang. Dividen reksadana ini akan dibukukan kembali ke dalam Batavia Obligasi Utama, sehingga meningkatkan nilai aktiva bersih. Dividen secara serentak akan dibagikan dalam bentuk tunai yang besarnya proporsional berdasarkan kepemilikan unit penyertaan nasabah, atau dapat diinvestasikan kembali menjadi unit penyertaan. Jika dividen dibagikan dalam bentuk tunai, maka biaya transfer jadi beban nasabah.

Adapun Sucorinvest Monthly Income Fund mencatatkan cuan 0,62% sebulan. Reksadana obligasi dengan dana kelolaan Rp139,4 miliar ini mengalokasikan investasinya mayoritas atau 92,1% di obligasi, utamanya obligasi korporasi dan sisanya 7,89% di pasar uang. Portofolio investasinya di antaranya obligasi LPPI01BCN2, OPPM03B, PALM02ACN2, SMAR03BCN2, SMMF02BCN3, TPIA04ACN2, TYRO01A, VOKS02CN1, WISL03B dan deposito Bank Victoria International Tbk,

Kebijakan dividen reksadana ini ialah setiap hasil investasi akan dibukukan ke dalam Sucorinvest Monthly Income Fund, sehingga akan meningkatkan nilai aktiva bersih. Manajer investasi bisa membagikan sebagian atau seluruh hasil investasi 1 bulan sekali, termasuk menentukan besarnya hasil investasi yang akan dibagikan kepada nasabah. Bentuk dividen bisa dalam bentuk tunai atau dalam unit penyertaan baru secara proporsional sesuai kepemilikan nasabah. Jika dalam bentuk tunai, maka akan menyebabkan nilai aktiva bersih per unit penyertaan terkoreksi. Namun jika dividen dalam bentuk unit penyertaan, maka manajer investasi akan menginstruksikan ke bank kustodian untuk mengonversikan hasil investasi menjadi unit penyertaan baru.

Beli Reksadana di Sini

Daftar terbaru reksadana pembagi dividen yang tersedia di Bareksa selengkapnya ada dalam tabel berikut:

Daftar 14 Reksadana Pembagi Dividen di Bareksa

No

Reksadana

Jenis

Manajer Investasi

Dana Kelolaan

Imbal Hasil 1 bulan

Bentuk Dividen

1

BNI-AM Inspiring Equity Fund

Saham

BNI Asset Management

Rp1,29 triliun

5,84%

Jika nilai investasi nasabah di bawah Rp2 miliar, maka dividen dalam bentuk penambahan unit penyertaan. Namun jika di atas Rp2 miliar, maka dividen dalam bentuk tunai

2

BNI-AM Indeks IDX30

Indeks

BNI Asset Management

Rp1,42 triliun

3,38%

Dividen bisa dibagi dalam bentuk tunai atau unit penyertaan baru secara proporsional sesuai kepemilikan nasabah

3

BNI-AM Dana Pendapatan Tetap Maskara Investasi

Pendapatan tetap

BNI Asset Management

Rp156,03 miliar

0,36%

Jika nilai dividen yang diterima nasabah di bawah Rp1,5 juta, maka akan dikonversi jadi unit penyertaan baru. Namun jika dividen setara atau di atas Rp1,5 juta, maka dibagi dalam bentuk tunai

4

BNP Paribas Equitra Campuran Harmoni

Campuran

BNP Paribas Asset Management Indonesia

Rp169,76 miliar

0,47%

Dividen bisa dalam bentuk tunai atau unit penyertaan baru sesuai kebijakan manajer investasi. Hal ini akan diinformasikan terlebih dahulu ke nasabah.

5

Mandiri Investa Dana Utama Kelas A

Pendapatan tetap

Mandiri Manajemen Investasi

Rp1,48 triliun

0,57%

Jika nilai investasi nasabah setara atau di atas Rp100 juta saat tanggal cum date, maka dividen dibagi dalam bentuk tunai. Namun jika di bawah Rp100 juta saat tanggal cum date, maka dkonversi jadi unit penyertaan.

6

Manulife Obligasi Unggulan Kelas A

Pendapatan tetap

Manulife Aset Manajemen Indonesia

Rp2,3 triliun

0,32%

Pembagian dividen sebulan sekali. Dividen akan dikonversi jadi unit penyertaan jika nilai investasi nasabah di bawah Rp100 juta saat tanggal cum date. Namun setara atau di atas Rp100 juta saat tanggal cum date, maka nasabah berhak meminta dividen untuk dikonversi menjadi unit penyertaan atau dalam bentuk tunai.

7

Manulife Pendapatan Bulanan II

Pendapatan tetap

Manulife Aset Manajemen Indonesia

Rp2,01 triliun

0,29%

Dividen dibagikan setiap bulan. Jika nilai investasi nasabah setara atau di atas Rp100 juta pada tanggal cum date, maka dividen akan dibagikan dalam bentuk tunai. Namun jika nilai investasi di bawah Rp100 juta saat cum date, maka akan langsung dikonversikan menjadi unit penyertaan.

8

Manulife Syariah Sukuk Indonesia

Pendapatan Tetap

Manulife Aset Manajemen Indonesia

Rp170,98 miliar

-0,12%

Pembagian dividen sebulan sekali. Jika nilai investasi nasabah setara atau di atas Rp100 juta saat cum date, maka dividen akan dibagikan secata tunai. Namun jika di bawah Rp100 juta, maka dividen akan langsung dikonversi menjadi unit penyertaan.

9

Syailendra Pendapatan Total Return Kelas A

Pendapatan tetap

Syailendra Capital

Rp502,23 miliar

0,24%

Dividen bisa dibagikan dalam bentuk penambahan unit penyertaan atau tunai secara proporsional sesuai kepemilikan nasabah.

10

Schroder Dana Andalan II

Pendapatan tetap

Schroder Investment Management Indonesia

Rp558,08 miliar

0,07%

Dividen dibagikan setiap bulan bisa dalam bentuk tunai dengan konsekuensi NAB per unit penyertaan terkoreksi. Namun nasabah berhak meminta dividen dikonversi menjadi unit penyertaan baru.

11

Schroder Dana Mantap Plus II

Pendapatan tetap

Schroder Investment Management Indonesia

Rp1,82 triliun

1,17%

Dividen dibagikan bisa dalam bentuk tunai dengan konsekuensi NAB per unit penyertaan terkoreksi. Namun nasabah berhak meminta dividen dikonversi menjadi unit penyertaan baru.

12

Trimegah Fixed Income Plan

Pendapatan tetap

Trimegah Asset Management

Rp2,29 triliun

0,81%

Dividen bisa dibagikan dalam bentuk tunai atau dikonversi menjadi unit penyertaan baru. Dividen dibagikan 3 bulan sekali pada Maret, Juni, September dan Desember.

13

Batavia Dana Obligasi Utama

Pendapatan tetap

Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Rp1,66 triliun

0,67%

Dividen bisa dalam bentuk tunai dengan konsekuensi nilai aktiva bersih per unit penyertaan terkoreksi

14

Sucorinvest Monthly Income Fund

Pendapatan tetap

Sucor Asset Management

Rp39,4 miliar

0,62%

Dividen bisa dalam bentuk tunai atau dikonversi jadi unit penyertaan baru yang besarnya proporsional sesuai kepemilikan nasabah.

Sumber : Bareksa, kinerja per 12/9/2024

Beli Reksadana di Sini

(Romainah/Sigma Kinasih/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.356,73

Up0,66%
Up3,72%
Up5,53%
Up6,43%
Up18,36%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

1.062,54

Up0,67%
Up3,59%
Up5,39%
---

Capital Fixed Income Fund

1.812,99

Up0,60%
Up3,42%
Up4,84%
Up6,97%
Up16,16%
Up40,78%

Insight Renewable Energy Fund

2.232,03

Up0,57%
Up3,33%
Up4,74%
Up6,88%
Up19,10%
Up35,46%

Syailendra Sharia Fixed Income Fund

limited

1.026,43

Up0,51%
Up2,37%
----

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua