BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Ungguli Benchmark, Reksa Dana Ini Jadi Pilihan Investasi Syariah

Bareksa13 Februari 2017
Tags:
Ungguli Benchmark, Reksa Dana Ini Jadi Pilihan Investasi Syariah
Dari kanan ke kiri, Presiden Direktur PT BNP Paribas Investment Partners Indonesia (BNPP IP) Vivian Secakusuma, Perencana Keuangan Safir Senduk dan Director, Head of Marketing, BNPP IP Maya Kamdani berbincang terkait program edukasi #AkuBisaInvestasi di Jakarta, Selasa. ANTARA FOTO/HO

Penopang kinerja reksa dana ini berasal dari pertumbuhan aset saham dari sektor konsumsi.

Bareksa.comBNP Paribas Pesona Syariah tercatat menghasilkan return tertinggi untuk kategori reksa dana saham syariah di Marketplace Reksa Dana Bareksa sejak awal tahun ini. Reksa dana syariah milik PT BNP Paribas Investment Partners ini mampu menghasilkan return 2,18 persen. Padahal, indeks reksa dana saham syariah yang mewakili produk reksa dana saham syariah dalam industri justru tercatat minus 3,83 persen di periode yang sama.

Pada grafik terlihat kinerja reksa dana yang diluncurkan sejak Mei 2007 ini juga mampu melebihi Indeks saham syariah Indonesia (ISSI)—yang menjadi acuan dalam pengelolaan reksa dana berbasis syariah. ISSI pun juga memiliki kinerja yang cukup baik dengan return 1,65 persen, lebih unggul dari indeks harga saham gabungan (IHSG) yang membukukan return 1,42 persen sejak awal tahun hingga saat ini (10 Februari 2017).

Grafik: Perbandingan Reksa Dana BNP Paribas Pesona Syariah dengan Benchmark, Periode Year-to-date (YTD)

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Pada fund fact sheet reksa dana, reksa dana yang bergabung di Marketplace Bareksa sejak awal Februari ini memiliki saham-saham syariah di sektor konsumsi sebagai aset yang paling banyak dipegang (top holding) dalam portofolio reksa dana. Seperti yang diketahui, sektor konsumsi adalah penggerak utama dari ISSI dengan bobot dan kapitalisasi besar.

Saham-saham sektor konsumsi yang turut menopang kinerja reksa dana syariah ini meliputi PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) dan saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF). Berdasarkan data Bareksa kedua saham ini menghasilkan return positif sejak awal tahun yakni 9,79 persen dan 0,95 persen.

Grafik: Perbandingkan Kinerja Saham UNVR dan INDF, Periode Year-to-date (YTD)

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Reksa dana syariah ini tergolong jenis investasi yang memiliki risiko tinggi dengan fluktuasi harga dari aset yang menjadi pengelolaan portofolio. Oleh karena itu, reksa dana ini dapat menjadi alternatif bagi investor untuk berinvestasi dalam jangka panjang dengan tetap menerapkan prinsip syariah. (Baca Juga: Ada Akadnya, Reksa Dana Syariah Bisa Jadi Alternatif Berinvestasi Syar'i)

Namun ada baiknya sebelum berinvestasi, investor perlu memahami karakteristik dari setiap jenis investasi. Hal ini dilakukan agar investor dapat menentukan dan memilih produk investasi yang sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko masing-masing. (hm)

**

Ingin berinvestasi reksa dana?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua