FUND PICK: Makin Cerdas Berinvestasi Reksa Dana Saham dengan Rencana Cerdas

Bareksa • 13 Jan 2016

an image
Seseorang menghitung uang rupiah - (Flickr/Fabe Reinhardt)

Reksa dana ini menghasilkan return lebih tinggi dibandingkan benchmarknya. Simak ulasan lengkapnya

Bareksa.com - Rencana Cerdas  menjadi reksa dana saham yang memiliki kinerja terbaik minggu ini di antara seluruh reksa dana yang diperdagangkan di marketplace Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI).

Analis Bareksa menyortir reksa dana menggunakan barometer Bareksa. Barometer Bareksa merupakan parameter yang terdiri atas skor 1 - 5. Semakin baik kinerja reksa dana tersebut, reksa dana tersebut semakin mendekati atau mencapai skor 5.

Pengukuran Barometer didasarkan pada sejumlah parameter, yaitu return reksa dana dibanding dengan risikonya, pertumbuhan dana kelolaan, serta penilaian kinerja dibandingkan dengan benchmark.

Berdasarkan barometer Bareksa, ada dua reksa dana saham yang memiliki skor cukup tinggi 3,5 yang berarti memiliki kinerja baik. Namun, Rencana Cerdas memiliki risiko lebih rendah sekitar 0,045.

Dari segi return, reksa dana kelolaan PT Ciptadana Asset Management ini masih membukukan return negatif sejak awal tahun, yakni minus 1,01 persen. Tetapi penurunan tersebut masih lebih rendah dibanding return IHSG dan mayoritas reksa dana saham lainnya.

Grafik: Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Rencana Cerdas

Sumber: Bareksa.com

Tampak pada grafik di atas, fluktuasi pergerakan NAB reksa dana saham ini sangat tinggi karena mayoritas aset yang dikelolanya dialokasikan pada instrumen saham.

Lantaran fluktuasi yang tinggi, reksa dana ini tidak direkomendasikan untuk investor dengan profil risiko konservatif atau belum dapat menerima risiko terlalu besar dari suatu instrumen investasi.

Reksa dana ini dipilih dan direkomendasikan tim riset Bareksa karena dinilai memiliki kinerja terbaik (return) minggu ini. Akan tetapi, ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda. Anda tetap harus membaca dan memahami prospektus serta fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan berinvestasi pada reksa dana tersebut.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.