BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Ini Perbandingan Harga dan Kemurnian Emas Fisik vs Digital

Abdul Malik10 September 2024
Tags:
Ini Perbandingan Harga dan Kemurnian Emas Fisik vs Digital
Ilustrasi investor sedang membandingkan kekurangan dan kelebihan membeli emas secara fisik melalui toko emas dan emas digital yang ada fisiknya melalui aplikasi super app investasi Bareksa. (Shutterstock)

Ada enam hal yang harus diperhatikan investor sebelum memutuskan investasi emas fisik atau emas digital

Bareksa.com - Harga emas memang sedang memanas jelang keputusan pemangkasan suku bunga Amerika Serikat (AS) pada rapat Bank Sentral The Federal Reserve (FOMC) pekan depan. Logam kuning bahkan tetap mampu bertahan di atas level psikologis US$2.500, meskipun di tengah dolar AS yang juga menguat. Seiring mencorongnya logam mulia, kamu tentu ingin ikut merasakan cuan investasi emas. Kamu pilih investasi emas batangan secara fisik atau digital namun ada fisilknya?

CEO Treasury, Andreas Santoso menyatakan setidaknya ada enam hal yang harus diperhatikan investor sebelum memutuskan investasi emas fisik atau emas digital. Pertama dari sisi kemanan, emas fisik dan emas digital bisa dikatakan sama-sama aman. Kedua dari sisi mitra, investor bisa membeli emas fisik dengan mendatangi toko emas secara offline, gerai ANTAM, UBS dan lainnya. Adapun untuk emas digital, investor bisa membeli emas Treasury melalui fitur Bareksa Emas di super app investasi Bareksa.

Ketiga dari sisi formatnya, emas yang dijual di toko offline kadar kemurniannya mencapai 99,99%. Senada, membeli emas digital pun investor bisa melakukan tarik fisik dengan kadar kemurnian emas 99,99%. Keempat dari sisi harganya, harga emas batangan di toko fisik tergolong mahal dan untuk logam mulia produksi lama harganya bisa lebih murah sekitar Rp5.000 per tahun. Adapun jika membeli emas digital harganya cenderung lebih murah dan logam mulia produksi lama atau baru diberlakukan satu harga.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Emas di Sini

Harga Emas Hari Ini, Selasa (10/9/2024)

Emas

Harga Beli Emas Hari Ini

Emas spot

US$2.502,1 per ounce

Emas Treasury​

Rp1.283.215 per gram

Emas Pegadaian​

Rp1.304.000 per gram

Emas Indogold

RpRp1.278.500 per gram

Emas Antam

Rp1.399.000 per gram

Sumber: Bareksa Emas, harga-emas.org, emas spot per pukul 10.48 WIB

Kelima dari sisi keuntungan dan kerugiannya, jika kamu ingin mengecek berapa keuntungan dari investasi emas fisik, maka kamu perlu mendatangi toko emas untuk mengetahui perkembangan harganya. Sedangkan jika kamu membeli emas digital, kamu bisa mengeceknya secara real time dan transparan melalui aplikasi Bareksa. Keenam, ketika kamu ingin menjualnya kembali (buyback), untuk emas fisik kamu juga mesti datang ke toko emas untuk menjualnya. Adapun emas digital, kamu cukup menggunakan ponselmu dengan sentuhan jari, serta semua proses otomatis, transparan dan seemless.

Beli Emas di Sini

Perbandingan Emas Fisik vs Emas Digital

Illustration

Sumber : Treasury

Beli Emas di Sini

Perlu dicatat, harga emas terpantau tetap stabil seiring pelaku pasar sedang menanti rilis data inflasi AS pekan ini, untuk mengetahui petunjuk lebih lanjut soal peluang pemangkasan suku bunga The Fed mulai pekan depan. Dilansir Reuters (9/9), harga emas spot di level US$2.498 per ounce dan emas berjangka naik 1% menjadi US$2.527,2 per ounce. Level support harga emas saat ini di US$2.470 dan level resisten kunci di US$2.520 per ounce.

Pelaku pasar meramal 75% peluang The Fed memangkas suku bunga 25 basis poin atau 0,25% dan hanya 25% pemotongan 50 bps atau 0,5%. Rilis data indeks harga konsumen Negara Paman Sam pada Agustus 2024 bisa mengubah ekspektasi ini. Perhatian investor juga tertuju pada rilis data indeks harga produsen pada Kamis waktu AS.

“Jika inflasi jauh lebih rendah, maka ekspektasi pemangkasan suku bunga akan naik jadi 50 bps, dan emas kembali berpeluang menembus rekor tertinggi barunya. Namun meskipun pemangkasan hanya 0,25%, harga emas tidak akan turun secara dramatis, seiring The Fed sudah pasti memotong suku bunga,” Carlo Alberto De Casa, analis dari Kinesis Money mengungkapkan.

Beli Emas di Sini

Menurut analis teknikal Kitco News, Gary S. Wagner (9/9), menyatakan harga emas tetap bertahan di atas level supportnya US$2.500 per ounce, utamanya didukung aksi borong oleh bank sentral negara-negara di dunia untuk menyeimbangkan cadangannya.

Selain itu, meningkatnya permintaan aset safe haven akibat memanasnya konflik geopolitik hingga , naiknya minat investor ritel turut mengerek logam kuning. Harga emas berjangka teraktif untuk pengiriman Desember di level US$2.535, atau naik 0,34% pada Senin (9/9).

Kenaikan moderat harga emas ini meskipun dolar AS menguat 0,44% dengan indeks dolar di level 101,651. Peningkatan harga logam kuning pada Senin, setelah pada Jumat pekan lalu turun US$20 per ounce, menyusul rilis laporan ketenagakerjaan AS di bawah ekspektasi. Wagner memprediksi harga emas bisa menembus US$2.700 pada kuartal I 2025.

Bahkan analis ING menilai reli kenaikan harga emas baru saja dimulai. Sebab jika pemangkasan suku bunga AS yang paling diantisipasi dalam beberapa dekade benar-benar terjadi, maka akan membawa dorongan baru pada harga emas di bulan September.

Beli Emas di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Untuk diketahui, saat ini negara-negara melalui bank sentralnya sedang ramai-ramai memborong emas guna mengantisipasi risiko ketidakpastian ekonomi dan geopolitik global. Kamu juga ingin mengoleksi emas batangan? Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa.

Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian dan Indogold juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Cetak Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas. Jangan tunda lagi, terus tingkatkan investasi emas kamu dan raih potensi keuntungannya.

Beli Emas di Sini

(Rahmat Hidayat/AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.376,71

Up0,93%
Up4,99%
Up7,08%
Up8,70%
Up19,23%
-

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.088,99

Up0,51%
Up5,30%
Up6,55%
Up7,01%
Up2,47%
-

Capital Fixed Income Fund

1.835,62

Up0,55%
Up3,90%
Up6,15%
Up7,44%
Up17,15%
Up40,55%

STAR Stable Amanah Sukuk

1.073,64

Up0,62%
Up3,89%
Up6,49%
---

Insight Renewable Energy Fund

2.253,61

Up0,73%
Up3,60%
Up5,75%
Up6,90%
Up19,62%
Up35,48%

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua