Ini Pentingnya Review Keuangan Keluarga pada Akhir Tahun

Bareksa • 15 Dec 2015

an image
Menyisihkan pendapatan atau gaji untuk menabung dan berinvestasi

Hasil review keuangan keluarga pada akhir tahun bisa menjadi bahan perbaikan dalam mengelola keuangan keluarga

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra kami Finansialku.com

Bareksa.com - Review keuangan keluarga pada akhir tahun sangat penting dan wajib dilakukan. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan berbagi hal – hal apa saja yang harus di-review dalam keuangan keluarga pada akhir tahun.

Menurut Anda apakah perlu melakukan review keuangan keluarga pada akhir tahun? Menurut kami, perencana keuangan independen Finansialku melakukan review keuangan keluarga pada akhir tahun sangat penting. Hasil review keuangan keluarga pada akhir tahun dapat dijadikan bahan perbaikan dalam mengelola keuangan keluarga pada tahun depan. Selain itu, kita dapat mengetahui, apakah sudah mulai mencapai tujuan-tujuan keuangan kita.

Setiap orang tentu berkeinginan hari ini lebih baik dari pada hari kemarin. Hari yang akan datang harus lebih baik daripada hari ini. Hal tersebut berarti kita perlu adanya perbaikan (improvement). Bagaimana kita bisa melakukan perbaikan, kalau kita tidak tahu kondisi saat ini seperti apa, kondisi masa lalu seperti apa. Di situlah peran review keuangan keluarga.

Review Keuangan Keluarga #1 – Pendapatan dan Pengeluaran

Pertama dan paling penting adalah pendapatan dan pengeluaran. Apakah saat ini Anda merasa gaji masih numpang lewat di ATM? Apakah sumber pendapatan masih dari gaji, bonus dan tunjangan? Apakah Anda tidak pernah bisa menabung atau berinvestasi?

Tidak ada salahnya Anda mulai membicarakan dengan pasangan Anda untuk mulai memperbaiki cara mengelola keuangan keluarga. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pemasukan dan pengeluaran. Ada seorang ahli keuangan Amerika bernama Robert G. Allen yang mengenalkan istilah multiple streams of income. Coba pelajari ide mengenai multiple streams of income dan coba praktekan.

Review Keuangan Keluarga #2 – Cek Performa Investasi Anda

Apakah Anda pernah menghitung berapa jumlah investasi Anda saat ini? Coba cek performansi dari investasi Anda pada akhir tahun? Lakukan perhitungan kembali sesuai dengan tujuan-tujuan keuangan Anda. Tidak ada salahnya melakukan re-balancing (memperbaiki komposisi investasi).


sumber : Finansialku

Contoh Jika saat ini performansi investasi saham kurang bagus, tidak ada salahnya sedikit dialihkan ke produk investasi lainnya. Jika ada reksa dana yang hasil investasinya kurang bagus, alihkan ke produk reksa dana yang lebih baik

Review Keuangan Keluarga #3 –  Aset dan Kewajiban

Aset dan kewajiban (utang) adalah hal yang tidak boleh luput dari review keuangan keluarga akhir tahun. Anda harus mengetahui posisi aset yang Anda miliki dan posisi utang. Apakah aset Anda masih dapat menutupi utang-utang Anda? Apakah aset yang Anda miliki menghasilkan pemasukan untuk Anda? Apakah utang-utang Anda saat ini tergolong utang produktif atau utang konsumtif?

Review Keuangan Keluarga #4 –  Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga

Lakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan keuangan keluarga. Pertahankan item-item yang sudah sehat dan perbaiki item-item yang masih belum sehat. Pengecekan kondisi kesehatan keuangan keluarga, dapat dilakukan dengan menghubungi perencana keuangan independen Finansialku. Pengecekan dimulai dari kondisi likuiditas keuangan, kondisi arus kas (cash flow) bulanan, kekayaan bersih, solvabilitas dan lain sebagainya.

Review Keuangan Keluarga #5 –  Rencana Keuangan

Terakhir dan juga paling terpenting yaitu review rencana keuangan (financial planning). Lakukan review apakah rencana keuangan dapat dieksekusi sesuai dengan rencana yang dibuat? Apakah Anda sudah melangkah mendekat pada tujuan keuangan Anda? Apakah sudah ada terasa perubahan kondisi keuangan ke arah yang lebih baik? Dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Pada dasarnya review keuangan keluarga pada akhir tahun merupakan siklus dalam perencanaan keuangan keluarga. Peranan review berguna sebagai bahan perbaikan pada tahun-tahun selanjutnya.