BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Lippo Gandeng Credit Suisse, Merril Lynch & Rothschild Danai MatahariMall.com

Bareksa20 April 2015
Tags:
Lippo Gandeng Credit Suisse, Merril Lynch & Rothschild Danai MatahariMall.com
John Riady, Direktur Lippo Group pada acara soft launch Press Conference MatahariMall.com (25/02/2015) (Company)

Pada tahap awal MatahariMall akan mencari dana senilai $200 juta

Bareksa.com - Perusahaan e-commerce milik Grup Lippo, MatahariMall.com mencari dana $200 juta untuk tahap awal melalui Credit Suisse dan Bank of America Merrill Lynch. Tidak tanggung-tanggung, grup Lippo juga menunjuk Rothschild sebagai Financial Advisor pendanaan MatahariMall.com.

“Kami menyambut baik minat positif dari para investor. Dalam beberapa bulan terakhir, MatahariMall menempuh banyak kemajuan dan sekarang waktu yang tepat untuk menjajaki kerjasama ini. Kami senang dapat bekerja dengan Credit Suisse dan Bank of America untuk mencari mitra yang memiliki visi yang sama dengan kami,” kata John Riady dari Grup Lippo dalam siaran pers 20 April 2015.

Jan Metzger, Managing Director dan Head of Technology, Media & Telecommunications Credit Suisse untuk Asia Pasifik menilai bahwa e-commerce memiliki kekuatan untuk mengubah industri ritel, dan Indonesia mewakili peluang pasar yang besar. "Melihat rekam jejak Lippo dalam membangun perusahaan terkemuka di berbagai sektor, seperti properti, ritel, jasa kesehatan, dan televisi berbayar, grup ini memiliki skala dan keahlian untuk memposisikan diri sebagai pemain terkemuka di dunia e-commerce.”

MatahariMall.com mengumumkan bahwa dana $200 juta tersebut akan digunakan untuk mengeksekusi strateginya. CEO MatahariMall Hadi Wenas mengatakan, “Ini merupakan peluang terbesar di Asia Tenggara. Modal ini memungkinkan kami fokus menjalankan bisnis tanpa gangguan untuk mencapai tujuan yang kami percayai: untuk mendominasi eCommerce di Indonesia.”

“Indonesia, negara terbesar di Asia Tenggara, semakin aktif secara online dan momentumnya signifikan di seluruh ranah e-commerce Indonesia,” kata Chris Gammons, Head of Southeast Asia Investment Banking, Bank of America Merrill Lynch. “Hal ini didorong oleh tiga tren, yaitu pertumbuhan ekonomi yang kuat, tren urbanisasi, dan adopsi teknologi yang cepat. Dengan rekam jejak keberhasilan membangun bisnis terutama di Indonesia, dan dengan sinergi e-commerce yang dimiliki, Grup Lippo sudah berada di posisi yang baik untuk berada di garis depan dalam dinamika sektoral e-commerce yang menarik.”

Di awal tahun ini, Grup Lippo mengumumkan penanaman modal sebesar US$500 juta untuk menghasilkan perusahaan eCommerce dengan penjualan sebesar $1 miliar – yang terbesar di Indonesia – dan akan menjadi Alibaba versi Indonesia. (Baca Juga: Wawancara Bareksa dengan John Riady)

Sejak saat itu, MatahariMall telah berhasil memperluas basis produk dan penjualan yang signifikan, mengoperasionalkan fullfilment center e-commerce, merekrut jajaran para ahli teknologi sekaligus pengusaha untuk memimpin perusahaan ini, termasuk CEO Hadi Wenas, yang berpengalaman membangun Zalora, Chairman Emirsyah Satar, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO di maskapai Garuda Indonesia, dan Vice Chairman Rudy Ramawy, yang sebelumnya adalah Country Director Google Indonesia.

Kehadiran tim kuat di MatahariMall ini menambahkan kredibilitas atas rencana Grup Lippo untuk mendominasi pasar e-commerce Indonesia. Lippo merupakan grup ritel terbesar, dan kerja sama dengan para entrepreneur ini dilihat sebagai penegasan komitmennya terhadap dunia jual beli online dan masa depan dunia digital.

Grup Lippo masuk ke ranah e-commerce di saat yang tepat. Ekosistem digital Indonesia sedang berada di titik critical inflection. Tahun ini, penetrasi Internet akan melampaui 30 persen. Jumlah penjualan ritel online hanya kurang dari 1 persen dari total penjualan ritel, namun diproyeksikan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun mendatang. Ritel online sedang tumbuh pesat di luar Jakarta, dan di sanalah Lippo memiliki posisi terkuat. (np)

Promo Terbaru di Bareksa

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,49%
Up3,72%
Up0,04%
Up4,75%
Up18,40%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,56%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,95%
Up16,60%
Up40,13%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,59%
Up3,20%
Up0,03%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,73

Up0,53%
Up3,64%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147

Up0,31%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,27%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua