Berita / SBN / Artikel

Ini Jadwal Penawaran hingga Kupon Pertama Sukuk Ritel SR016

Bareksa • 22 Feb 2022

an image
Ilustrasi kalender Februari 2022 yang menampilkan masa penawaran SBN Ritel seri Sukuk Ritel SR016. (shutterstock)

Penawaran SR016 akan digelar pada 25 Februari hingga 17 Maret 2022

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan bersiap menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel berikutnya yakni Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel atau SBN Ritel jenis syariah ini jadi SBN Ritel seri kedua terbit di 2022.

Penawaran SR016 akan digelar pada 25 Februari hingga 17 Maret 2022. Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu telah menetapkan kupon atau imbal hasil SR016 sebesar 4,95 persen per tahun. 

Masyarakat investor bisa berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli SR016. Sebab, dana yang diraih dari SR016 akan digunakan oleh pemerintah untuk membangun negara, terutama sejumlah proyek infrastruktur. Investor bisa memesan SR016 secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa, selama masa penawaran berlangsung. 

Berikut Jadwal Penawaran, Pembayaran Kupon hingga Jatuh Tempo SR016

Keterangan
Tanggal

Tanggal Penetapan Kupon

22 Februari 2022

Launching

25 Februari 2022

Masa Penawaran

25 Februari - 17 Maret 2022

Penetapan

21 Maret 2022

Setelmen

23 Maret 2022

Kupon Pertama

10 April 2022 (short coupon)

Minimum Holding Period (MPH)

Hingga 10 Juni 2022 (setelah Kupon ketiga)

Perdagangan di Pasar Sekunder

Mulai 11 Juni 2022

Jatuh Tempo

10 Maret 2025

Sumber: DJPPR Kemenkeu

Instrumen investasi ini sangat cocok bagi smart investor yang ingin mencari produk investasi yang aman, cuan dan halal.

SR016 yang merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel ini juga bisa dijadikan instrumen diversifikasi di tengah gejolak pasar saat ini.

Baca juga Ketidakpastian Meningkat, Bagaimana Strategi Investasi yang Tepat?

Apa Itu Sukuk Ritel?

Dilansir laman Kemenkeu, Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu warga negara Indonesia, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Karakteristik Sukuk Ritel

- Untuk individu warga negara Indonesia

- Pengelolaan investasi dengan prinsip syariah

- Pemesanan mulai dari Rp1 juta

- Tenor 3 tahun

- Imbalan tetap dibayarkan setiap bulan

- Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik

Kesesuaian Syariah Sukuk Ritel

Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional –Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad ijarah - asset to be leased. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

8 Keuntungan Berinvestasi di Sukuk Ritel

1. Pokok dan Imbalan dijamin oleh negara

2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN

3. Tingkat imbalan tetap

4. Imbalan dibayar tiap bulan

5. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik

6. Cukup dengan Rp 1 juta kita sudah bisa berinvestasi di Sukuk Ritel

7. Mendukung pembiayaan pembangunan nasional

8. Akses investasi sesuai prinsip syariah

Lihat Naik 3 Kali Lipat, Bareksa Kembali Catat Rekor Penjualan Surat Berharga Negara ORI021

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

Sukuk RitelSR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang dikelola sesuai prinsip syariah dan memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta, kupon bersifat tetap dan aman karena baik kupon maupun pokoknya dijamin oleh negara dan Undang-Undang.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan cuan, namun  juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SR016 bisa dipesan melalui Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBSN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR016 bila masa penawaran telah dibuka. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa. 

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan SR016 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.

Baca juga Siap-siap! SR016 Segera Terbit, Ini Jadwal Penawaran dan Cara Daftarnya