Pefindo Tetapkan Peringkat idAA- untuk Bank Panin Dubai Syariah (PNBS)

Martina Priyanti • 11 Sep 2024

an image
Ilustrasi tanda adanya layanan ATM dari Bank Panin Dubai Syariah atau PNBS. (Shutterstock)

Saham PNBS pada penutupan perdagangan kemarin, Selasa (10/9/2024) berada pada posisi Rp52 karena terkoreksi 1 poin atau -1,89%

Bareksa.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA- dengan prospek stabil untuk PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk, dengan kode emitennya PNBS. Peringkat tersebut mencerminkan kemungkinan yang sangat kuat akan adanya dukungan dari PT Bank Pan Indonesia Tbk (Panin Bank atau Induk).

Sumber: Pefindo

Dalam laman Ikhtisar Peringkat, Pefindo menyampaikan bahwa profil kredit berdiri sendiri PNBS bukan merupakan faktor utama yang mempengaruhi peringkat, yang mencerminkan posisi pasar yang di atas rata-rata, profil permodalan yang kuat, paparan terhadap risiko konsentrasi, profil kualitas aset yang di bawah rata-rata, dan indikator profitabilitas yang rendah.

Menurut Pefindo, peringkat dapat dinaikkan jika ada bukti kuat atas tingkat dukungan yang lebih besar dari Panin Bank. Hal ini juga harus disertai dengan kontribusi PNBS kepada Induk yang meningkat pesat, melalui perbaikan yang signifikan dalam profil bisnisnya dan indikator keuangan. Sebaliknya, Pefindo menyampaikan bahwa peringkat dapat diturunkan jika dukungan Induk melemah secara signifikan, yang dapat terlihat dari penurunan kepemilikan saham dan pengendalian dari Induk. Perubahan peringkat dari Panin Bank juga dapat memicu perubahan yang serupa pada peringkat PNBS.

Sumber: Pefindo

Didirikan pada tahun 2009, PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk menyediakan layanan perbankan di bawah prinsip-prinsip Islami. Pada 30 Juni 2024, pemegang saham PDSB terdiri dari Panin Bank dengan kepemilikan sebesar 67,3%, Dubai Islamic Bank PJSB (DIB, sebesar 25,1%), dan masyarakat (7,6%).

Beli Saham di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.