Pefindo Naikkan Peringkat PT Semen Indonesia (SMGR) Jadi idAAA

Martina Priyanti • 15 Aug 2024

an image
Produk semen PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau Semen Indonesia Group (SIG). (Shutterstock)

Peringkat mencerminkan peran penting SMGR antara lain bagi pemerintah dan posisi pasar SMGR yang sangat kuat di industri semen

Bareksa.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) menjadi idAAA dengan prospek stabil dari sebelumnya idAA+ dengan prospek positif. Lebih lanjut seperti dilansir laman Ikhtisar Peringkat Pefindo tertanggal 14 Agustus 2024, disampaikan bahwa Pefindo juga menaikkan peringkat Obligasi Berkelanjutan (PUB) I dan Obligasi PUB II menjadi idAAA dari sebelumnya idAA+.

Sumber: Pefindo

"Tindakan ini mencerminkan ekspektasi kami bahwa SMGR akan mempertahankan kebijakan keuangannya yang disiplin, dengan metrik kredit yang sepadan dengan kategori peringkat AAA. Peringkat mencerminkan peran penting SMGR bagi pemerintah, posisi pasar SMGR yang sangat kuat di industri semen, fasilitas produksi dan logistik yang terdiversifikasi dengan baik, dan profil keuangan yang konservatif. Peringkat dibatasi oleh persaingan pasar yang ketat," papar Pefindo dalam laman resminya.

Lebih lanjut, Pefindo menyampaikan bahwa Pefindo dapat menurunkan peringkat jika metrik kredit SMGR melemah karena Perusahaan menarik utang lebih tinggi dari yang diproyeksikan tanpa dikompensasi oleh prospek pendapatan yang lebih tinggi atau mengalami pelemahan tingkat profitabilitas yang signifikan karena kenaikan biaya produksi atau menurunnya fleksibilitas dalam penetapan harga.

"Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan jika ada bukti dukungan yang lebih lemah dari pemerintah yang tercermin dari divestasi yang substansial, pengendalian yang lebih rendah, atau tidak ada indikasi dukungan luar biasa dari pemerintah ketika SMGR mengalami kesulitan keuangan," sebut Pefindo.

Sumber: Pefindo

Didirikan pada tahun 1957, SMGR seperti dilansir laman Pefindo, merupakan produsen semen terbesar di Indonesia. Total kapasitas domestik terpasang per 30 Juni 2024 sebesar 54,2 juta ton dengan pangsa pasar domestik sekitar 49%. SMGR saat ini memiliki sembilan pabrik semen terpadu di Indonesia yang berlokasi di Jawa, Sumatera Barat, Aceh, Sumatra Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Disebutkan bahwa SMGR menawarkan berbagai macam produk semen, termasuk ordinary Portland (OPC), Portland composite (PCC), Portland Pozolan (PPC), special blended (SBC), super mansory (SMC), oil well (OWC), Portland mixed, dan semen putih. SMGR juga memproduksi kantong semen dan beton siap pakai. Pada 30 Juni 2024, 51,2% saham SMGR dimiliki oleh pemerintah Indonesia, sementara sisanya dimiliki oleh publik.

Beli Saham di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.