Bagi Dividen Jumbo, Sebaiknya Masuk Investasi di Saham ACES Sekarang atau Nanti?

Abdul Malik • 12 Jun 2024

an image
Gerai PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) di Tangerang. (Shutterstock)

Jadwal pembagian dividen ACES ialah cum date pada 19 Juni, ex date pada 20 Juni dan payment date pada 5 Juli 2024

Bareksa.com - PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) yang sebelumnya bernama PT Ace Hardware Indonesia Tbk akan membayarkan dividen tunai Rp573,53 miliar setara Rp33,5 per saham. Menurut Tim Analis Bareksa, dividen jumbo perusahaan ritel kebutuhan rumah tangga dan gaya hidup memberi dividend yield hingga 3,87% jika menggunakan penutupan harga saham pada Selasa (11/06) yakni Rp865. 

Mayoritas daftar saham penghuni Indeks IDX High Dividen 20, seperti PTBA, ADRO, ITMG, ASII hingga ANTM sudah membagikan dividen selama periode bulan April hingga Mei 2024.

Namun menurut Tim Analis Bareksa, investor bisa melirik saham dengan fundamental dan likuiditas baik seperti ACES. Jadwal pembagian dividen ACES ialah cum date pada 19 Juni, ex date pada 20 Juni dan payment date pada 5 Juli 2024.

Beli Saham di Sini

Pergerakan saham ACES

Sumber : investing.com

Beli Saham di Sini

Terlihat sejak awal tahun hingga 11 Juni 2024, harga saham ACES telah meroket hingga 20% ke level Rp865. Menurut Tim Analis Bareksa, secara teknikal saham ACES masih punya momentum penguatan jangka pendek.

ACES
Entry range
Rp810-840
Target price I
Rp880
Target price II
Rp900
Cutloss
Rp775

Sumber : Tim Analis Bareksa

Hal ini tidak lepas dari kinerja pertumbuhan penjualan di toko yang sama (SSSG) pada Januari-April 2024 naik 11,4%, dengan nilai penjualan indikatif Rp2,7 triliun. Sehingga turut menopang kinerja keuangan ACES di kuartal pertama tahun ini. Tercatat ACES membukukan penjualan ACES naik 17% dan laba bersih melesat 27% di kuartal I 2024. 

Sumber: Corporate Presentation ACES

Beli Saham di Sini

Menurut Tim Analis Bareksa, umumnya harga saham pemberi dividen akan turun pada saat ex-date atau H+1 cum date. Biasanya saham yang akan membagikan dividen akan bergerak naik menyesuaikan perkiraan dividend yield yang telah disampaikan emiten, hingga menjelang cum date lalu akan turun pada saat ex date. Mempertimbangkan jadwal cum dan ex date dividen ACES pada 19 Juni dan 20 Juni, maka investor disarankan untuk mempertimbangkan timing dalam berinvestasi. 

Meski begitu, bagi investor yang berorientasi mendapatkan keuntungan dari capital gain atau investasi jangka pendek, bisa memanfaatkan momentum sebelum ex-date untuk melakukan profit taking. Namun bagi investor jangka panjang bisa memiliki saham tersebut hingga cum-date. Jadi misalnya investor jangka pendek dapat menjual sahamnya ketika cum-date, namun investor jangka panjang yang ingin mendapatkan dividen harus tetap memiliki saham tersebut hingga ex-date. Karena itu, jika ingin berinvestasi di saham ACES, kamu jangan telat masuk ya!

Investasi Saham di Sini

(Sigma Kinasih/Ariyanto Dipo Sucahyo/Christian Halim/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

​​