Emiten Grup Djarum TOWR Ambil Alih 90,11% Saham Inti Bangun Sejahtera (IBST)

Martina Priyanti • 05 Jun 2024

an image
Ilustrasi pengambi alihan atau akuisisi saham. (Shutterstock)

Saham Inti Bangun Sejahtera (IBST) per pukul 14.19 WIB menjadi Rp4.400 karena naik 400 point atau 10%

Bareksa.com - PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui PT Iforte Solusi Infotek (Iforte), akan mengakuisisi saham PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST). Adapun Sarana Menara Nusantara sendiri merupakan emiten Grup Djarum.

Monalisa Irawan, Corporate Secteraty TOWR dalam keterangan tertulis menuturkan bahwa TOWR melalui PT Iforte Solusi Infotek (Iforte), akan mengakuisisi sebanyak 90,11% dari total modal yang disetor dan ditempatkan dalam IBST, yang dimiliki oleh PT Bakti Taruna Sejati (pemegang saham mayoritas IBST) dan beberapa pemegang saham minoritas IBST lainnya.

Lebih lanjut Monalisa memaparkan setelah penyelesaian transaksi tersebut, iForte akan menjadi pengendali baru IBST dan rencana pengambilalihan tersebut dilakukan melalui proses tender/lelang yang diadakan oleh Para Penjual, serta PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) yang merupakan anak perusahaan terkendali yang dimiliki secara langsung oleh TOWR turut berpartisipasi dalam pelaksanaan tender/lelang dimaksud hingga dipilih sebagai pemenang dari tender/lelang (preferred bidder).

Maka, pasca Protelindo terpilih sebagai pemenang dari tender/lelang (preferred bidder), Protelindo kemudian menunjuk iForte, yang juga merupakan anak yang dimiliki langsung oleh Protelindo, untuk bertindak sebagai pembeli pada Rencana Pengambilalihan dan sebagai informasi, iForte adalah anak usaha tidak langsung yang dikendalikan oleh TOWR. "Rencana akuisisi dilakukand dalam rangka pengembangan usaha serta memperluas jaringan usaha guna memperkuat posisi bisnis grup iForte di bidang digital infrastruktur telekomunikasi," tuturnya.

Monalisa menambahkan Informasi atau fakta material yang diungkapkan tidak memiliki dampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha TOWR.

Adapun saham TWOR pada perdagangan hari ini, Rabu (5/6/2024) per pukul 14.18 WIB tercatat minus 5 poin atau -0,70% mennjadi berada pada posisi Rp710. Sementara itu saham Inti Bangun Sejahtera (IBST) per pukul 14.19 WIB menjadi Rp4.400 karena naik 400 point atau 10%.

Beli Saham di Sini
(IQPlus/15639088/mp)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.