Totalindo Eka Persada (TOPS) Berencana Buyback Saham

Martina Priyanti • 03 Jun 2024

an image
Ilustrasi buyback saham. (Shutterstock)

Saham TOPS pada perdagangan Jumat (31/5/2024) per pukul 16.14 WIB tercatat berada pada posisi Rp2

Bareksa.com - PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Manajemen TOPS dalam keterangan tertulisnya Jumat (31/5/2024) menyampaikan bahwa TOPS merencanakan untuk melakukan pembelian kembali saham Perseroan (Buyback) dengan jumlah nilai nominal seluruh saham yang akan dibeli kembali diperkirakan maksimal sebesar Rp15 miliar, yang akan dilakukan melalui Bursa Efek maupun di luar Bursa Efek, secara bertahap dengan menggunakan kas internal.

Disampaikan bahwa aksi korporasi akan diselesaikan paling lambat 12 bulan setelah persetujuan RUPST dan OJK dan dilatarbelakangi upaya untuk meningkatkan engagement dan ownership pekerja atas Perseroan. Dalam hal ini, program tersebut diimplementasikan dalam bentuk Program Kepemilikan Saham Manajemen dan Pekerja yang merupakan bagian dari keseluruhan skema remunerasi untuk Manajemen dan Pekerja yang bersifat variabel.

Dengan demikian Pekerja terdorong berkontribusi lebih optimal terhadap pencapaian target Perseroan. Selain Pekerja, program kepemilikan saham ini direncanakan dapat diperuntukan bagi Direksi dan Dewan Komisaris kecuali Komisaris Independen. "Buyback ini juga dilandasi keyakinan manajemen TOPS akan kinerja dan prospek kinerja perusahaan ke depan yang akan terus membaik, sehingga dapat memberikan value kepada stakeholders," sebut manajemen TOPS.

Buyback akan dilaksanakan dengan harga yang dianggap wajar oleh Perseroan dengan memperhatikan POJK 29/2023 jika dilakukan melalui Bursa Efek maka harga penawaran untuk membeli kembali saham harus lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya.

Sementara itu jika dilakukan di luar Bursa Efek dan dengan mengingat saham Perseroan tercatat dan diperdagangkan di Bursa, maka harga pembelian kembali saham Perseroan adalah paling tinggi sebesar harga ratarata dari harga penutupan perdagangan harian di Bursa Efek selama 90 hari terakhir sebelum tanggal pembelian kembali saham oleh Perseroan.

TOPS berkeyakinan bahwa pelaksanaan transaksi buyback tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usahanya mengingat Perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha TOPS.

Untuk melancarkan aksi ini, maka TOPS akan meminta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang akan digelar pada tanggal 11 Juli 2024.

Sementara itu saham TOPS pada perdagangan Jumat (31/5/2024) per pukul 16.14 WIB tercatat berada pada posisi Rp2.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/15160144/mp)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.