ANTM Bagi Dividen 100% dari Laba Bersih Rp3,08 Triliun dan Ganti Direksi

Abdul Malik • 10 May 2024

an image
Asap keluar dari cerobong pabrik Feronikel PT Aneka Tambang (ANTAM) di Kecamatan Pomala, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Rabu (4/7). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Para pemegang saham perseroan juga telah menyetujui usulan keputusan dari MIND ID terkait perubahan susunan pengurus perseroan

Bareksa.com -Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM),pada 8 Mei 2024. menyetujui penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk perusahaan sebagai dividen seluruhnya atau 100%, senilai Rp3,08 triliun.

Para pemegang saham perseroan juga telah menyetujui usulan keputusan dari MIND ID terkait perubahan susunan pengurus perseroan. Dalam RUPST ini, telah diberhentikan dengan hormat Ibu Elisabeth RT Siahaan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Dalam RUPST ini para pemegang saham juga menyetujui untuk mengangkat Bapak Arianto Sabtonugroho sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Beli Saham di Sini

Dengan demikian, Susunan Pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

Susunan Dewan Komisaris

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen ; F.X. Sutijastoto
Komisaris Independen : Gumilar Rusliwa Somantri
Komisaris Independen : Anang Sri Kusuwardono
Komisaris : Bambang Sunarwibowo
Komisaris : Dilo Seno Widagdo

Susunan Direksi

Direktur Utama : Nicolas D. Kanter
Direktur Operasi dan Produksi : Hartono
Direktur Pengembangan Usaha : I Dewa Wirantaya
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Arianto Sabtonugroho
Direktur Sumber Daya Manusia : Achmad Ardianto

Beli Saham di Sini

Emiten anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID), BUMN holding industri pertambangan itu membukukan kinerja positif periode tahun 2023 (FY23), dimana perusahaan mencatatkan nilai penjualan bersih Rp41,05 triliun dengan kontribusi dominan berasal dari penjualan bersih domestik Rp35,37 triliun atau setara 86% dari total penjualan bersih ANTAM periode FY23. Perusahaan juga secara proaktif memperkuat basis pelanggan di dalam negeri pada produk-produk emas, bijih nikel dan bijih bauksit.

Pada 2023, produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan ANTAM dengan proporsi 64% terhadap total penjualan ANTAM dengan nilai penjualan Rp26,12 triliun. ANTM juga mencatatkan total volume produksi logam emas dari tambang perusahaan 1,21 ton, sementara itu penjualan logam emas mencapai 26,13 ton. 

"Kami juga berterima kasih kepada seluruh shareholder khususnya MIND ID sebagai induk holding yang senantiasa mendukung perusahaan untuk terus membukukan kinerja positif secara berkelanjutan. ANTAM senantiasa konsisten dalam memperkuat lini operasional dengan tetap mengimplementasikan prinsip kaidah good mining practice dan operation excellence. Pada penyelenggaraan RUPS Tahunan ini, Perusahaan juga melakukan pembagian dividen sebagai komitmen daam memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh stakeholder. ANTAM berkomitmen tetap membukukan kinerja positif secara berkelanjutan ke depannya," kata Direktur Utama ANTAM, Nico Kanter. 

Beli Saham di Sini

(IQPlus/12854221/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.