Gedung Putih : Shutdown Pemerintahan hingga Suku Bunga Jadi Hambatan Ekonomi AS

Abdul Malik • 29 Sep 2023

an image
Gedung Putih di Washington D.C Amerika Serikat (AS). (Shutterstock)

Washington mendekati penutupan parsial keempat Pemerintahan AS dalam satu dekade

Bareksa.com - Penasihat Ekonomi Gedung Putih Jared Bernstein mengatakan perekonomian Amerika Serikat (AS) sedang menghadapi hambatan. Hal itu akibat kemungkinan penutupan pemerintahan, dimulainya kembali pembayaran utang mahasiswa, suku bunga yang lebih tinggi, dan pemogokan pekerja otomotif. Menurut dia, perekonomian akan terus berjalan dalam cara yang cukup baik kecuali ada kesalahan kebijakan atau guncangan eksogen.

"Saat ini upah kita melebihi harga, upah nominal tumbuh lebih cepat dari harga, dan dinamika perekonomian kita menciptakan roda gila yang cukup persisten," katanya, dilansir dari The Business Times, Jumat, 29 September 2023. "Dengan tidak adanya kesalahan kebijakan atau guncangan eksternal, kami pikir hal-hal tersebut akan membuat segala sesuatunya berjalan dengan cukup baik," tambahnya, di sebuah acara di Economic Policy Institute, sebuah wadah pemikir progresif.

Sedangkan Ketua DPR AS dari Partai Republik Kevin McCarthy menolak rancangan undang-undang pendanaan sementara yang diajukan di Senat, sehingga membawa Washington mendekati penutupan parsial keempat Pemerintahan AS dalam satu dekade, yang tinggal menyisakan empat hari lagi.

Beli Reksadana di Sini

(IQPlus/27132074/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Saham adalah instrumen investasi yang memiliki risiko kerugian. Artikel ini bertujuan untuk berbagi informasi seputar pasar dengan analisa untuk meminimalisir risiko. Setiap keputusan transaksi beli jual saham ada di tangan investor.