BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

List Produk Reksadana Pendapatan Tetap dengan Kelolaan Terbesar Agustus 2024

Martina Priyanti18 September 2024
Tags:
List Produk Reksadana Pendapatan Tetap dengan Kelolaan Terbesar Agustus 2024
Ilustrasi kinerja reksadana pendapatan tetap yang digambarkan dengan grafik di tangan seorang investor analis fund manager. (Shutterstock)

Dana kelolaan reksadana pendapatan tetap secara industri pada bulan lalu tercatat Rp154,6 triliun

Bareksa.com - Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report August 2024​, yang mengolah data Otoritas Jasa Keuangan/OJK menyebutkan bahwa kinerja reksadana pendapatan tetap kembali positif baik dana kelolaan/AUM maupun unit penyertaan pada bulan lalu atau Agustus 2024.

Dana kelolaan reksadana pendapatan tetap pada bulan lalu tercatat Rp154,6 triliun, naik 3,85% sepanjang tahun berjalan/YTD. Di sisi lain, unit penyertaan reksadana pendapatan tetap pada bulan lalu tercatat 93,8 miliar unit, naik 2,72% YTD

Illustration

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report August 2024​

Promo Terbaru di Bareksa

Untuk Kamu investor pemula, perlu mengetahui bahwa besaran dana kelolaan produknya bisa menjadi satu pertimbangan. Besaran dana kelolaan tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana saham tersebut, tetapi bisa menjadi salah satu indikator kepercayaan investor dalam menempatkan dananya di suatu produk reksadana.

Tapi, reksadana pendapatan tetap mana yang dana kelolaanya terbesar? Berikut ulasannya.

1. Danamas Stabil

Posisi pertama produk reksadana pendapatan tetap dengan dana kelolaan terbesar pada bulan Agustus 2024, kembali ditempati Danamas Stabil dari Sinarmas Asset Management. Kelolaan Danamas Stabil pada bulan lalu Rp18,13 triliun, naik 8% sepanjang tahun berjalan/YTD.

2. Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A

Posisi kedua kembali ditempati Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A, dengan dana kelolaan Rp5,93 triliun. Dana kelolaan Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A naik secara bulanan/MOM maupun sepanjang tahun berjalan/YTD yang masing-masing tumbuh 1% dan 10%.

3. Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A

Sedangkan Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A kembali mengisi posisi ketiga, dengan dana kelolaan Rp5,87 triliun pada bulan lalu. Kelolaan Eastspring IDR Fixed Income Fund Kelas A naik 4% secara bulanan/MOM.

4. BNP Paribas Obligasi Kejora

Sementara itu BNP Paribas Obligasi Kejora jadi menempati posisi keempat, atau naik satu peringkat dibandingkan bulan sebelumnya dalam daftar 20 produk reksadana pendapatan tetap dengan kelolaan terbesar. Kelolaan BNP Paribas Obligasi Kejora tercatat Rp4,88 triliun, naik 6% secara MOM dan tumbuh 23% secara YTD.

5. Manulife Obligasi Unggulan Kelas A

Posisi kelima jadi Manulife Obligasi Unggulan Kelas A, yang turun satu peringkat dibandingkan bulan sebelumnya. Dana kelolaan Manulife Obligasi Unggulan Kelas A tercatat Rp4,64 triliun, naik 1% YTD.

Daftar Reksadana Pendapatan Tetap Kelolaan Terbesar Agustus 2024

Illustration


Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry Data Market - Monthly Report August 2024

Produk Tumbuh Tertinggi

Di sisi lain produk reksadana pendapatan tetap dengan pertumbuhan kelolaan tertinggi sepanjang tahun berjalan/YTD, adalah Capital Fixed Income Fund yang naik 212%. Secara YTD, yang juga tumbuh paling tinggi antara lain HPAM Ultima Obligasi Plus (132%), Simas Pendapatan Optima (65%), dan Star Stable Income Fund (45).

Sementara itu secara bulanan/MOM, produk reksadana pendapatan tetap yang tumbuh paling tinggi antara lain Capital Fixed Income Fund (10%), Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara, dan Ashmore Dana Obligasi Nusantara (8%).

Investasi Reksadana di Sini

Reksadana Pendapatan Tetap Adalah

Reksadana pendapatan tetap adalah reksadana yang berinvestasi minimum 80% di instrumen pendapatan tetap. Instrumen itu antara lain surat utang (obligasi) dan sukuk yang jatuh temponya lebih dari satu tahun. Reksadana pendapatan tetap atau fixed income fund memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dengan potensi imbal hasil investasi lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan deposito.

Reksadana pendapatan tetap cocok buat investor yang memiliki profil risiko konservatif – moderat untuk tujuan jangka menengah 1 - 3 tahun. Reksadana pendapatan tetap juga sering dijadikan sebagai pilihan investasi oleh investor dengan profil risiko yang lebih tinggi sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham mengalami ketidakpastian.

Bagi Kamu yang sedang mencari produk investasi untuk tujuan jangka menengah bisa mempertimbangkan reksadana pendapatan tetap. Reksadana pendapatan tetap memiliki risiko fluktuasi cukup moderat dengan potensi imbal hasil optimal, terlebih di tengah gejolak pasar modal saat ini.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report August 2024. Untuk berlangganan laporan ini sila hubungi [email protected] (cc: [email protected]).​

Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.370,84

Up1,04%
Up4,28%
Up6,62%
Up7,96%
Up18,74%
-

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.087,6

Up1,02%
Up4,72%
Up6,42%
Up6,87%
Up2,56%
-

Capital Fixed Income Fund

1.832,42

Up1,07%
Up4,09%
Up5,96%
Up7,50%
Up17,14%
Up41,53%

STAR Stable Amanah Sukuk

1.071,1

Up0,81%
Up3,98%
Up6,24%
---

Insight Renewable Energy Fund

2.248,29

Up0,73%
Up3,68%
Up5,50%
Up6,93%
Up19,64%
Up35,46%

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua