Pasar Saham Sentuh Rekor, Allianz Alpha Sector Rotation Tumbuh 4,27% Sebulan

Hanum Kusuma Dewi • 03 Sep 2024

an image
Ilustrasi reksa dana Allianz Alpha Sector Rotation. (Shutterstock)

Reksa dana saham ini memiliki alokasi besar di sektor keuangan yang mendapat manfaat dari potensi penurunan suku bunga acuan

Bareksa.com - Pasar modal Indonesia mendapat sentimen positif hingga mencapai rekor tertingginya, terkait potensi pemangkasan suku bunga acuan The Fed pada September 2024. Hal ini juga mendorong kinerja investasi berbasis saham, seperti reksa dana Allianz Alpha Sector Rotation

Reksa dana yang dikelola oleh PT Allianz Global Investors Asset Management Indonesia ini mencatat imbal hasil (return) 4,27% dalam sebulan terakhir (periode 29 Juli - 27 Agustus 2024).

Hal ini seiring dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang juga menguat 4,24%, dan Indeks Reksa Dana Saham Bareksa yang naik 3,65% sebulan. 

Grafik Pertumbuhan NAB Allianz Alpha Sector Rotation vs IHSG dan Indeks Reksa Dana Saham Bareksa Sebulan

Sumber: Bareksa.com, periode 29 Juli- 27 Agustus 2024

Menurut prospektusnya, reksa dana saham ini bertujuan untuk memberikan tingkat pengembalian yang optimal melalui strategi investasi yang mampu memanfaatkan sektor-sektor unggulan pada setiap siklus pasar (market cycle) di Pasar Modal Indonesia dengan tetap mengutamakan pengendalian tingkat risiko.

Secara lebih rinci, menurut Fund Fact Sheet Juli 2024, reksa dana ini memilih sektor keuangan menjadi aset terbesarnya, mencapai 34,54% dari portofolionya. Seperti diketahui, saham perbankan besar seperti BBCA, BBRI, dan BMRI mendapatkan dorongan besar dari potensi penurunan suku bunga acuan.

Berdasarkan Fund Fact Sheet, berikut daftar 10 aset terbesar (top holdings) reksa dana Allianz Alpha Sector Rotation per Juli 2024 (urutan berdasarkan abjad): 

  • Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)

  • Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT)

  • Astra International Tbk (ASII)

  • Bank Central Asia Tbk (BBCA)

  • Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)

  • Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)

  • Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)

  • Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR)

  • Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM)

  • United Tractors Tbk (UNTR)

Tim Analis Bareksa menilai, dengan menguatnya kemungkinan pemangkasan suku bunga Dolar AS, setelah rilis data inflasi kuartal II 2024 yang semakin melandai menandakan prospek pemangkasan suku bunga global semakin cerah.

Strategi Investasi

Melihat potensi pemangkasan suku bunga acuan yang menjadi sentimen positif bagi pasar saham, investor agresif dapat mempertimbangkan untuk mulai berinvestasi di reksa dana saham secara bertahap hingga September. Apalagi, IHSG sudah beberapa kali menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa, investor bisa membeli ketika ada koreksi sehat. 

Meski begitu, Tim Analis Bareksa mengingatkan agar investor mewaspadai risiko pasar karena reksa dana saham bisa berfluktuasi dalam jangka waktu yang singkat. 

Allianz Alpha Sector Rotation cocok untuk investor dengan profil risiko tinggi atau agresif dengan jangka waktu investasi panjang. Beli reksa dana ini di super app Bareksa dengan modal mulai dari Rp100.000. 

Beli Allianz Alpha Sector Rotation

(ADV)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksa dana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksa dana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.