Pegang Saham Papan Atas, Reksa Dana Indeks Trimegah Ini Cuan 8,02%* Sebulan

Hanum Kusuma Dewi • 16 Jul 2024

an image
Ilustrasi indeks FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index yang melesat seiring bangkitnya IHSG. (Shutterstock)

Saham-saham dalam portofolio Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index di antaranya BBCA, BBRI, BMRI, TLKM, ASII, CPIN dan INDF

Bareksa.com -  Reksa dana Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index sedang mencorong seiring bangkitnya kinerja pasar saham. Reksa dana besutan salah satu perusahaan manajemen investasi terbesar Tanah Air, PT Trimegah Asset Management itu berhasil meraih cuan 8,02% sebulan (*per 12 Juli 2024), jauh di atas kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang naik 6,86%. Moncernya reksa dana yang mereplikasi FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index itu ditopang kinerja saham-saham papan atas dalam portofolionya.

Mengadopsi FTSE Indonesia Index Low Volatility Factor, yakni indeks dengan mayoritas konstituen saham-saham berkapitalisasi besar (big cap) dengan  tingkat volatilitas dari FTSE Indonesia Index yang rendah, maka reksa dana Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index berpeluang mencatat kinerja optimal dan risiko fluktuasi minimal. 

Produk investasi kategori risiko tinggi ini memang cocok untuk investasi jangka menengah - panjang. Dalam 2 tahun terakhir, reksadana ini mencatat imbal hasil 11,8% dan 3 tahun terakhir cuannya 34,43%. Kinerja itu mengungguli indeks acuannya yakni FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index yang hanya naik 7,68% dalam 2 tahun dan 27,92% dalam 3 tahun. 

Beli Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor

Bahkan dalam 1 bulan terakhir (per 12 Juli 2024), Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index mencapai 8,02%, juga mampu mengungguli kinerja indeks reksadana saham yang naik 5,56% seperti terlihat pada grafik berikut.

Sumber: Bareksa, data perbandingan 1 bulan per 12 Juli 2024

Beli Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor

Alokasi Investasi

Menurut lembar fakta reksadana (fund fact sheet) per Juni 2024, reksadana yang meluncur pada Februari 2021 itu mengalokasikan 30,44% dari portofolio investasinya di saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), 16,71% di saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan 14,01% pada saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Sisanya di saham TLKM, ASII, BBNI, CPIN, KLBF, INDF hingga ICBP. 

Top 10 Portofolio Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index

Saham 
Alokasi

BBCA

30,44%

BBRI

16,71%

BMRI

14,01%

TLKM

7,53%

ASII

3,83%

BBNI

3,26%

CPIN

1,66%

KLBF

1,5%

INDF

1,49%

ICBP

1,25%

Sumber : fund fact sheet per Juni 2024

Saham-saham papan atas tersebut meraih sentimen positif dari bergairahnya pasar modal sepanjang bulan lalu. Di antaranya rilis Indeks Harga PCE Inti Amerika Serikat (AS) pada Mei 2024 yang hanya naik 0,1% secara bulanan yang menandakan tren inflasi AS terus menurun. 

Secara tahunan indeks yang mengukur perubahan harga barang dan jasa yang dibeli konsumen Negara Paman Sam untuk konsumsi, tidak termasuk makanan dan energi itu melambat menjadi 2,6%. Penurunan yang sesuai harapan pasar itu semakin menguatkan ekspektasi pemangkasan suku bunga The Federal Reserve jelang akhir tahun ini. 

Sumber : fund fact sheet Juni 2024

Beli Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor

Menurut Tim Analis Bareksa, reksa dana Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index bisa dipertimbangkan oleh investor dengan profil risiko agresif untuk masuk berinvestasi saat ini, seiring masih murahnya valuasi IHSG dan potensi meningkatnya kinerja di kuartal III, setelah berfluktuasi di kuartal II tahun ini. Sebab, secara historis dalam 5 tahun terakhir, rata-rata kenaikan IHSG pada Juli mencapai 2,3% dengan probabilitas kenaikannya 100%. Kemudian pada Agustus probabilitas kenaikan IHSG mencapai 80% dengan return 1,13%.

Historis Kenaikan IHSG

Sumber: BEI, diolah Tim Analis Bareksa​

Seiring sumringahnya kinerja IHSG di awal Juli 2024, produk investasi yang telah meraih penghargaan sebagai Reksa Dana Terbaik 2023 Kategori Reksa Dana Indeks dan ETF Periode 1 Tahun itu layak dipilih sebagai bagian diversifikasi investasi. Kamu yang punya profil risiko agresif bisa mempertimbangkan reksa dana yang menggandeng BCA sebagai bank kustodian. Alokasi asetnya 92,9% di instrumen saham dan 7,03% di obligasi dan atau pasar uang.

Potensinya, produk ini masih menarik dalam jangka pendek hingga jangka panjang dan dapat dipertimbangkan untuk masuk ke dalam portofolio investasi nasabah berprofil risiko agresif dan tujuan investasi jangka panjang. Apalagi jika pemangkasan suku bunga AS bisa terjadi tahun ini, maka akan jadi sentimen positif untuk pasar saham, serta produk Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index  yang mayoritas alokasinya di saham berkapitalisasi besar.

Beli Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor

Promo Reksa Dana Trimegah AM

Reksa dana Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index bisa dibeli di Bareksa dengan minimal pembelian Rp100.000. Selain itu jika kamu membelinya di Bareksa, maka berpotensi meraih double cuan, yakni cuan dari potensi imbal hasilnya dan hadiahnya. Sebab, khusus buat Smart Investor Bareksa yang membeli reksa dana Trimegah AM, berpeluang meraih hadiah. 

Tersedia hadiah voucher reksa dana untuk investor dengan pembelian terbesar selama periode 25 Juni - 21 Juli 2024. Berikut rincian hadiahnya:

- 1 voucher reksa dana Rp3 juta
- 1 voucher reksa dana Rp2 juta
- 2 voucher reksa dana Rp1 juta
- 4 voucher reksa dana Rp500.000
- 4 voucher reksa dana Rp250.000
- 100 voucher reksa dana Rp100.000.

Cara untuk mengikuti promo ini mudah. Yakni cukup beli reksa dana Trimegah AM di super app investasi, Bareksa senilai minimal Rp1 juta dengan kode promo TRIMJUN24.

Syarat dan Ketentuan Promo Trimegah AM Juni 2024: 

1. Periode promo pada 25 Juni 2024 pukul 09.00 WIB - 21 Juli 2024 pukul 23.59 WIB
2. Promo berlaku KHUSUS untuk pembelian produk reksa dana TRIMEGAH dengan memilih kode promo TRIMJUN24
3. Satu nasabah hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
5. Nasabah dengan pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah sesuai dengan kuota yang akan dibagikan selambatnya 20 hari kerja setelah pengumuman pemenang
6. Reksa dana yang telah dibeli menggunakan kode promo tidak akan dihitung dalam penilaian program promosi apabila dijual sebelum 21 Oktober 2024
7. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada 6 November 2024 melalui media sosial dan email Bareksa
8. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
9. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo segera investasi reksa dana Trimegah sekarang dan raih potensi double cuannya!

Beli Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor

 (ADV/SK/CH/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.