Pemegang Saham Pengendali KISI AM Resmi Berubah Jadi Korea Investment Management

Abdul Malik • 19 Jun 2024

an image
Ilustrasi manajer investasi sedang mengelola reksadana. (Shutterstock)

Perubahan ini seiring akuisisi 49.500 lembar saham KISI AM atau setara 99% oleh KIM dari KISI

Bareksa.com - Salah satu perusahaan manajemen investasi Tanah Air, KISI Asset Management (KISI AM) mengumumkan perubahan pemegang saham. Sebelumnya pemegang saham pengendali perseroan Korea Investment & Sekuritas Indonesia (KISI), kini berubah menjadi Korea Investment Management (KIM). Perubahan ini seiring akuisisi 49.500 lembar saham KISI AM atau setara 99% oleh KIM dari KISI.

Aksi korporasi ini telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 7 Maret 2024. Perubahan pemegang saham juga tercatat di Akta Notaris per 31 Mei 2024 dan tercatat di DIrektorat Jenderal Adminitrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) per 10 Juni 2024. Transaksi akuisisi ini dilakukan di hadapan Mustofa, sebagai pemilik KISI AM dan pemegang 500 lembar saham atau 1%. 

Ini merupakan transaksi afliasi. Sebab KISI mulai beroperasi pada 2018, setelah diakuisisinya PT Danpac Sekuritas (Danpac) oleh Korea Investment and Securities Co, LTD. KIM dan Korea Investment and Securities Co, LTD adalah sama-sama badan usaha asal Korea Selatan yang terafiliasi dengan Korea Investment Holdings Co Ltd. Korea Investment Management (KIM) berdiri pada 1974 di Korea Selatan dengan dana kelolaan US$34 miliar.

Investasi Reksadana di Sini

Komposisi Pemegang Saham KISI AM Saat Ini

Pemegang Saham

Jumlah Lembar Saham

Persentase

PT Korea Investment Management (KIM)

49.500

99%

Mustofa

500

1%

Jumlah

50.000

100%

Sumber : KISI AM

Adapun KISI AM mengelola 15 produk reksadana dengan total dana kelolaan Rp2,26 triliun per Mei 2024. Saat ini tercatat 3 produk KISI AM yang tersedia di Bareksa, yakni reksadana saham KISI Equity Fund, reksadana pendapatan tetap KISI Fixed Income Fund, serta reksadana pasar uang KISI Money Market Fund.

Reksadana KISI AM yang Tersedia di Bareksa

Sumber : Bareksa, kinerja per 14/6/2024

Investasi Reksadana di Sini

(Sigma Kinasih/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.