Ingin Punya Kawasaki W175 TR? Cukup Investasi Rp26.000 per Hari di Reksadana

Bareksa • 29 Nov 2019

an image
Custom Kawasaki W175 pada ajang GIIAS 2019 (shutterstock)

Kawasaki W175TR ditawarkan dalam dua varian yakni standar dan SE dengan harga Rp29,9 juta hingga Rp32,3 juta

Bareksa.com - Motor baru Kawasaki W175 TR bikin geger Indonesia. Motor baru Kawasaki W175 diluncurkan pertama di dunia, peluncuran motor ini mengambil tempat di Kawasaki Head Office Abdul Muis, Jakarta (28/11/2019).

Kawasaki W175TR hadir mengusung gaya motor trabas. Walhasil kuda besi ini memiliki ground clearance lebih tinggi dari 2 versi sebelumnya yakni W175 standar dan W175 Cafe. Tidak hanya itu, bobot kendaraan juga diklaim lebih ringan dari varian lainnya.

"W175 ini peminatnya paling banyak, maka kami hadirkan penyegaran. Kami optimis varian baru dari W175 ini dapat diterima dengan baik oleh konsumen," kata Michael C Tanadhi, Head Sales & Promotions PT KMI di sela-sela peluncuran W175TR di Jakarta (28/11/2019) seperti dilansir otospirit.com.

Motor ini dikatakan mengusung gaya street scrambler. Cirinya berdasarkan tangki ramping, suspensi depan memanjang, knalpot upswept dan ban dual purpose. Secara kasat mata, riding position motor ini lebih tegak dibandingkan pendahulunya. Tampilan kendaraan juga lebih macho, berkat penggunaan spakbor depan yang disangkutkan pada segitiga bawah dan adanya tambahan skid plate berbahan alumunium.

Mesin Kawasaki W175TR dikatakan masih sama dengan pendahulunya. Hanya saja, terdapat beberapa sentuhan yang membuat tarikan bawah hingga menengah lebih baik. Disebutkan bahwa penggunaan knalpot baru yang lebih pendek dan ubahan kecil di karburator memberikan pengaruh positif pada mesin.

Posisi berkendara pada motor ini menjadi lebih tegak berkat handle bara atau setang yang lebih tinggi. Posisi tangan lebih tinggi 30 cm dari varian lainnya. Hal ini juga memperkuat image scrambler pada produk terbarunya tersebut.

Kawasaki W175TR ditawarkan dalam dua varian yakni standar dan SE. Pilihan warna untuk standar adalah putih tanpa corak dan dipasarkan dengan harga Rp29.9 juta. Sementara untuk tipe SE warnanya lebih beragam meliputi hitam, kuning dan hijau dengan banderol Rp32,3 juta.

Simulasi Investasi Reksadana

Bagi Anda yang berminat untuk membelinya, ada beberapa opsi yang bisa Anda lakukan untuk bisa memiliki motor keren tersebut. Yakni membelinya dengan cara tunai jika Anda memiliki cukup dana, atau membelinya dengan cara mengangsur yang juga disediakan oleh pihak diler yang pasti dengan harganya akan lebih mahal.

Namun masih ada cara lain, jika Anda tidak ingin membelinya secara kredit namun dana terbatas. Anda bisa menyiapkan dananya dengan cara menabung atau berinvestasi di reksadana campuran.

Selain keuntungannya lebih optimal dibandingkan tabungan biasa atau deposito, risikonya juga lebih rendah dibandingkan berinvestasi di saham.


Sumber: Bareksa

Sebagai contoh, katakan Anda mampu menyisihkan uang Rp775.000 per bulan atau sekitar Rp26.000 per hari selama tiga tahun untuk diinvestasikan secara rutin ke reksadana campuran Shinhan Balance Fund yang dikelola PT Shinhan Asset Management, maka hasilnya akan tampak sebagai berikut :


Sumber: Bareksa

Berdasarkan hasil simulasi, uang pokok investasi Anda yang berhasil terkumpul selama tiga tahun senilai Rp27,9 juta. Kemudian, ditambah dengan potensi pertumbuhan dana investasi Rp5,07 juta, maka dana Anda telah bertumbuh menjadi Rp32,97 juta atau tumbuh 18,18 persen.

Dengan demikian, uang Anda dari hasil berinvestasi di reksadana campuran tersebut sudah dapat digunakan untuk membeli Kawasaki W175TR. Simulasi tersebut mengandaikan Anda sudah mulai berinvestasi sejak tiga tahun lalu. Meskipun jika dana tersebut tidak jadi digunakan untuk membeli Kawasaki W175TR, masih bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak, seperti tambahan biaya uang muka pembelian rumah, biaya pendidikan anak, tambahan modal usaha dan lainnya.

Perlu diingat selalu sesuaikan investasi Anda dengan profil risiko. Reksadana campuran sangat disarankan untuk jangka menengah panjang yakni di atas 3 tahun dengan risiko moderat hingga tinggi, karena sebagian asetnya ditempatkan di saham. Selalu baca fund fact sheet dan prospektus sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk reksadana.

Tertarik untuk mulai berinvestasi di reksadana?

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.