Milenial! Ini Strategi Agar Tetap Bisa Berinvestasi dan Travelling

Bareksa • 14 May 2019

an image
Ilustrasi menabung reksadana untuk traveling wisata ke luar negeri

Saat ini ada aplikasi investasi yang siap memberikan kemudahan, contohnya Bareksa

Bareksa.com - Saat ini, dunia kerja dan bisnis mulai dipenuhi oleh generasi milenial, yakni generasi yang terkenal dengan karakteristik yang peka terhadap teknologi, cermat, dan tak cepat berpuas diri.

Karakter generasi milenial tersebut turut mendukung perkembangan berbagai sektor kehidupan, sehingga banyak sektor yang maju pesat karena dedikasi mereka.

Sebagai generasi dengan usia produktif yang tengah giat mengumpulkan uang, para milenial di sisi lain harus cermat terhadap pengeluarannya. Karena alokasi pendapatan tak cuma sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga untuk menjaga kestabilan kondisi finansial.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan berinvestasi. Jadi, generasi milenial wajib memahami tips investasi ini terlebih dahulu agar tak salah langkah ketika memilih.

Memprioritaskan Investasi Dibandingkan Travelling

Ada sebuah penelitian yang menyatakan generasi milenial sangat suka travelling dibandingkan generasi lain. Padahal travelling di dalam dan luar negeri membutuhkan biaya tidak sedikit.

Pendapatan akan habis untuk memenuhi keinginan travelling yang bersifat sesaat. Hal ini bisa menghambat generasi milenial untuk mewujudkan kepemilikan investasi.

Alangkah lebih baik dan bijak bila Anda memprioritaskan investasi daripada travelling. Agar nilai uang yang Anda miliki saat ini tidak semakin berkurang di masa depan akibat pengaruh inflasi.

Setelah memiliki investasi jangka panjang yang minim risiko, Anda pun lebih leluasa menjalani aktivitas travelling. Bahkan bukan mustahil bila nanti Anda dapat memanfaatkan keuntungan investasi untuk travelling ke destinasi impian Anda.

Rajin Mencari Informasi Investasi

Di zaman serba teknologi ini, informasi investasi kini semakin mudah untuk didapat. Anda bisa mendapatkan informasi dari website resmi penyedia produk investasi, forum-forum online, buku, dan acara seminar.

Kalau Anda sudah memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan di bidang investasi, risiko menjadi korban penipuan berkedok investasi pun alias investasi bodong semakin kecil. Karena Anda dapat memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan pribadi, dan yang terpenting investasi tersebut legal.

Menyesuaikan Jenis Investasi dengan Kemampuan Finansial

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memilih investasi yang nilainya besar. Sesuaikan saja jenis investasi tersebut dengan kemampuan finansial Anda. Saat ini, ada investasi reksadana yang tidak membutuhkan modal besar.

Segera dapatkan informasi tentang prosedur investasi tersebut sebelum memutuskan pilihan investasi yang Anda butuhkan. Jangan sampai investasi secara berlebihan malah mengganggu pemenuhan kebutuhan hidup Anda. Karena kebutuhan hidup harus menjadi prioritas sebelum memilih investasi.

Memanfaatkan Aplikasi Investasi yang Mudah Diakses

Sekarang bukan zamannya lagi kerepotan memantau pergerakan nilai investasi yang Anda miliki. Saat ini ada aplikasi investasi yang siap memberikan kemudahan. Melalui aplikasi investasi, Anda dapat membandingkan nilai investasi reksadana dan pergerakannya di pasar modal. Salah satunya adalah Bareksa.

PT Bareksa Portal Investasi (www.bareksa.com) merupakan perusahaan fintech dan portal finansial terintegrasi yang meluncurkan marketplace reksadana sejak awal 2015. Pada Februari 2016, Bareksa tercatat sebagai perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang mendapatkan lisensi resmi sebagai agen penjual efek reksadana (APERD) dari OJK.

Semua bisa diakses secara praktis dan real time melalui gadget di genggaman tangan Anda. Sehingga Anda bisa memantau nilai investasi Anda dengan mudah ketika sedang melakukan aktivitas lain.

Karena tidak ada kata terlalu dini untuk berinvestasi, maka sebaiknya Anda memulai investasi dari sekarang. Dapatkan manfaat investasi di masa mendatang jika Anda sudah memulainya dari sekarang. Selamat berinvestasi, generasi milenial!

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.