BeritaArrow iconReksa DanaArrow iconArtikel

Ayo Golkan Cita-citamu dengan Menabung Reksa Dana di Bareksa

Bareksa06 September 2017
Tags:
Ayo Golkan Cita-citamu dengan Menabung Reksa Dana di Bareksa
"Gocek & golkan uang & cita-citamu dengan marketplace reksa dana Bareksa," kata Irfan Bachdim, pemain sepak bola Bali United. (Bareksa.com)

Bank tidak memberikan bunga untuk nilai tabungan di bawah Rp 1 juta

Bareksa.com – Kamu ingin menjadi pemain bola terkenal seperti Irfan Bachdim? Atau mau jadi pengusaha sukses? Apapun keinginanmu, perlu modal awal untuk menggapai cita-cita. Sayangnya di zaman sekarang, uang kamu sulit terkumpul jika hanya menabung di bank. Pepatah "Menabung Pangkal Kaya" hanya relevan jika kamu menabung melalui reksa dana.

Sebab dengan nominal tabungan di bank di bawah Rp 1 juta, maka kamu tidak mendapatkan bunga sama sekali. Uang tabungan justru tergerus karena harus membayar biaya administrasi bulanan. Besaran biaya administrasi ini bervariasi, antara Rp 7.500 hingga Rp 20 ribu per bulan.

Simulasi sederhananya, jika kamu menabung Rp 500 ribu saat ini, maka 12 bulan lagi uang kamu justru berkurang menjadi Rp 398 ribu. Uang tabunganmu menyusut 20,4 persen dari nilai tabungan awal. (Baca juga : Ingin Nonton Sepakbola di SEA Games Namun Tak Ada Biaya? Cobalah Cara Ini)

Promo Terbaru di Bareksa

Uang tabunganmu baru mendapatkan bunga jika nilai nominalnya di atas Rp 1 juta. Besaran bunganya pun hanya sekitar 0,7 persen per tahun dan masih dipotong pajak 20 persen.

Bagaimana jika nilai tabunganmu senilai Rp 5 juta? Jika disimulasikan dengan menabung Rp 5 juta, maka setelah 12 bulan uang kamu akan berkurang menjadi Rp 4.926.000 atau menyusut 1,48 persen.

Kejadian ini tidak akan kamu rasakan jika kamu menabung di reksa dana pasar uang (RDPU). Selain itu nilai minimal untuk menabung di reksa dana sangat kecil, yakni bisa dimulai dari Rp 100 ribu. Dengan begitu siapapun mampu menabung. Rata-rata dalam satu tahun, uang tabungan kamu di reksa dana pasar uang bisa bertumbuh sekitar sekitar 6-7 persen. (Baca juga : Ramai Akad Nikah Raisa, Siapkan Pesta Pernikahanmu dengan Menabung di Reksa Dana)

Tabel: Kinerja Reksa Dana Pasar Uang di Bareksa.com per 6 September 2017

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Kelebihan lainnya, keuntungan kamu di reksa dana itu sama sekali tidak dikenakan pajak. (Baca juga : Tiga Keuntungan Menabung Reksa Dana di Bareksa)

RDPU juga merupakan produk yang paling aman dibandingkan produk reksa dana lainnya. Sebab uang yang ditempatkan dalam RDPU dikelola oleh Manajer Investasi ke produk-produk yang aman seperti deposito dan surat utang negara (SUN) jangka pendek.

Jadi kalau disimulasikan menabung Rp 500 ribu pada RDPU Sucorinvest Money Market Fund, maka setelah 12 bulan uang kamu bertambah menjadi Rp 539.600 atau naik 7,99 persen.

Tabel: Simulasi Tabungan dan Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)
Illustration
Sumber: Bareksa dengan kinerja RDPU Sucorinvest Money Market Fund & tabungan dari situs bank besar di Indonesia

Menabung di reksa dana pasar uang juga lebih untung dibandingkan deposito di bank. Kamu baru bisa memperoleh bunga deposito jika menempatkan dana minimal Rp 10 juta. Itu pun dengan syarat tidak boleh menarik dana kapanpun karena bisa kena biaya pinalti.

Berbeda jika kamu menabung di RDPU. Selain minimal dana investasinya kecil yakni cukup Rp 100 ribu, kamu bisa mengambil dana tersebut kapan saja jika dibutuhkan.

Menabung di deposito juga hanya memperoleh bunga sekitar 4,75 persen per tahun jika dana kamu kurang dari Rp 50 juta. Selain itu, bunga deposito harus dipotong pajak 20 persen dan ada beban biaya materai. (Lihat juga : Strategi Menyiapkan Biaya Kuliah dengan Menabung di Reksa Dana, Simak Ulasannya)

Hasil simulasi menunjukkan, jika kamu menabung Rp 10 juta di deposito, pada akhir tahun uang kamu hanya bertambah menjadi Rp 10,37 juta atau hanya naik 3,74 persen.

Berbeda jika kamu menabung di RDPU dengan jumlah dana yang sama, uang kamu akan bertambah menjadi Rp 10,79 juta atau naik 7,99 persen.

Tabel: Simulasi Deposito dan Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)
Illustration
Sumber: Bareksa dengan kinerja RDPU Sucorinvest Money Market Fund & tabungan dari situs bank besar di Indonesia

Terakhir, menabung di reksa dana juga aman karena resmi dan diawasi pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bareksa, selaku agen penjual reksa dana juga telah memperoleh izin resmi dari OJK untuk memasarkan reksa dana. (Baca juga : Hanya Menabung Rp 11 Ribu per Hari Bisa Berkurban Saat Idul Adha? Begini Caranya)

Jadi ayo golkan cita - cita kamu dengan menabung di reksa dana!

Ingin berinvestasi reksa dana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,76

Up0,50%
Up3,71%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,50%
-

Capital Fixed Income Fund

1.793,05

Up0,58%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,97%
Up16,56%
Up39,91%

I-Hajj Syariah Fund

4.872,25

Up0,61%
Up3,20%
Up0,04%
Up6,18%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,87

Up0,54%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147,05

Up0,31%
Up2,62%
Up0,03%
Up4,98%
Up14,26%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua