FUND PICK: Risiko Rendah, Reksa Dana Ini Cocok Bagi Pemula

Bareksa • 24 Mar 2016

an image
Karyawan Bank Indonesia Jawa Barat memerlihatkan Uang Rupiah Kertas Pecahan Rp. 100.000 Tahun Emisi 2014 dengan frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bandung, Jawa Barat (Antara Foto/Agus Bebeng)

Produk Bahana ini berpotensi hasilkan return yang lebih besar dari deposito, namun minim risiko.

Bareksa.com - Bahana Dana Likuid, kembali menjadi reksa dana yang berkinerja terbaik pada minggu ini di antara reksa dana pasar uang yang diperdagangkan di marketplace Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, Anggota BEI). 

Analis Bareksa menyortir reksa dana berdasarkan return satu tahun. Pada barometer Bareksa, reksa dana ini juga menunjukkan kinerja sangat baik yang ditandai dengan skor 4,5. 

Reksa dana yang dilucurkan sejak April 2004 ini membukukan return 7,56 persen setahun terakhir, melebihi indeks reksa dana pasar uang yang menghasilkan return 3,83 persen. Bahkan return reksa dana Bahana Dana Likuid juga melebihi BI rate sebesar 6,75 persen. 

Sejak awal tahun hingga saat ini (year-to-date/YTD) reksa dana ini telah menghasilkan return 0,97 persen. Sebulan terakhir, reksa dana ini mampu menghasilkan return 0,57 persen, lebih besar bila dibandingkan dengan rata-rata  reksa dana pasar uang yang hanya menghasilkan return 0,29 persen sebulan. 

Grafik: Pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana Bahana Dana Likuid

Sumber: Bareksa.com

Pada grafik di atas, fluktuasi pergerakan nilai aktiva bersihnya terlihat sangat rendah. Hal ini karena mayoritas aset yang ditempatkan pada reksa dana ini adalah efek pasar uang berfluktuasi sangat rendah dibanding  efek saham dan obligasi. Adapun efek pasar uang berupa deposito dan surat utang yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. 

Reksa dana ini cocok bagi investor pemula yang baru memulai investasi pada produk pasar modal dengan harapan mendapatkan keuntungan lebih besar dari sekedar menabung atau menempatkan dana pada deposito. Reksa dana pasar uang ini memiliki risiko yang relatif rendah seperti halnya deposito perbankan, tapi potensi keuntungan (return) yang dihasilkan dapat melebihi bunga deposito. 

Reksa dana yang direkomendasikan tim riset Bareksa memiliki kinerja (return) cukup baik pada minggu ini. Namun, perlu dicatat bahwa investor tetap harus membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet reksa dana terlebih dulu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada reksa dana tersebut. Ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda.

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.