Analisis Teknikal Saham SMGR : Sinyal Akumulasi

Bareksa • 26 Jan 2018

an image
Seorang pria memperhatikan layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Saham SMGR kemarin ditutup menguat 3,49 persen ke level Rp11.100

Bareksa.com - Harga saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) pada perdagangan Kamis, 25 Januari 2018 ditutup menguat 3,49 persen ke level Rp11.100. Saham SMGR ditransaksikan sebanyak 3.502 kali dengan nilai transaksi mencapai Rp86,66 miliar.

Berdasarkan aktivitas broker summary, anggota bursa yang menempati jajaran top buyer saham SMGR antara lain UBS Sekuritas (AK) dengan nilai pembelian Rp21,92 miliar, kemudian Nomura Sekuritas (FG) Rp14,49 miliar, dan Macquarie Sekuritas (RX) Rp11,93 miliar.

Analisis Teknikal SMGR

Secara teknikal, candle SMGR pada perdagangan kemarin membentuk hammer. Kondisi tersebut menggambarkan saham ini mampu bergerak positif dengan berhasil ditutup satu tick di bawah level tertingginya, walaupun sebelumnya sempat bergerak cukup jauh di bawah level pembukaan.

Garis MA 20 terlihat menjadi support cukup kuat dan pada perdagangan kemarin setelah menyentuh garis tersebut, SMGR berhasil mengalami rebound. Indikator volume terlihat konsisten mengalami peningkatan menandakan adanya sinyal akumulasi. Selain itu, investor asing juga tercatat melakukan net buy senilai Rp57,68 miliar.

Indikator Relative Strength Index (RSI) terlihat mulai bergerak positif dan saat ini berada di level 59 atau masih sangat jauh dari area overbought menandakan sinyal kenaikan saham ini masih cukup kuat, terutama untuk menguji resisten di level Rp11.425. (hm)

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui saham mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami kinerja keuangan saham tersebut.