Bursa Diwarnai Kenaikan 3 Saham Big Cap & Saham Baru

Bareksa • 12 May 2017

an image
Seorang karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Saham-saham yang baru melantai di BEI masih terus melanjutkan penguatan

Bareksa.com – Pada sesi pertama perdagangan saham hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mulai bangkit dengan kenaikan 0,47 persen ke posisi indeks 5.679,393. Kenaikan ini ditopang naiknya tiga saham dengan kapitalisasi besar (big cap). Di sisi lain, meskipun secara nilai transaksi tidak berpengaruh besar pada IHSG, terpantau kenaikan saham-saham yang baru melantai di BEI juga turut mewarnai perdagangan saham hari ini.

Tiga saham big cap yang mendorong indeks diantaranya saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Saham GGRM melesat 2,89 persen ke harga Rp73.025 per saham, sementara UNVR naik 1,35 persen ke harga Rp46.975 per saham, dan BBCA naik 1,95 persen ke Rp18.300 per saham.

Grafik: Intraday IHSG Sesi I Jumat, 12 Mei 2017

Sumber: Bareksa.com

Meskipun dengan nilai transaksi yang kecil, saham-saham yang baru melantai di BEI juga masih meneruskan penguatannya. Terpantau saham PT Cahayasakti investindo Sukses Tbk (CSIS) melesat 24,44 persen menjadi Rp560 per saham dan saham PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk (TAMU) juga melonjak 34,76 persen ke Rp252 per saham. Adapun saham PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) naik 24,86 persen menjadi Rp432 per saham.

Pada saham CSIS, terpantau broker Bosowa Sekuritas dan Minna Padi Investama Sekuritas sebagai pembeli terbesar. Sementara pada saham TAMU, broker Magenta Kapital Sekuritas Indonesia yang terlihat menjadi pembeli saham terbesar. Sementara saham MKNT lebih banyak dibeli melalui broker NH Korindo Sekuritas Indonesia.