Bursa Saham Bergerak Positif Jelang Pengumuman Paket Ekonomi

Bareksa • 09 Sep 2015

an image
Ilustrasi pialang mendiskusikan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Jakarta. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Penguatan Indeks dipimpin sektor aneka industri & properti

Bareksa.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini (9/9) bergerak positif menjelang pengumuman paket kebijakan ekonomi. Rencananya siang ini pemerintah akan mengumumkan sebagian isi paket kebijakan ekonomi sebagai respons atas perlambatan ekonomi.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, paket kebijakan ekonomi akan fokus pada deregulasi yang bertujuan untuk meningkatkan daya beli dan menarik investasi asing. Di antaranya, penurunan PPh pribadi dan PPh badan,  deregulasi kepemilikan properti oleh orang asing dan juga deregulasi sejumlah aturan di sektor energi dan mineral. (Baca Juga: Darmin Menghadap Jokowi, Matangkan Paket Kebijakan Ekonomi)

Hal tersebut direspon positif oleh pasar saham, di mana IHSG sampai dengan jam 10.30 WIB naik 0,50 persen menjadi 4.340,36 dari penutupan hari sebelumnya 4.318,39.

Penguatan indeks dipimpin sektor aneka industri dan properti yang masing-masing menguat 2,16 persen dan 1,43 persen. Selain itu, saham sektor pertambangan dan barang konsumsi juga menguat masing-masing 1,14 persen dan 0,14 persen.

Beberapa saham pendorong penguatan IHSG hari ini di antaranya  PT Astra International Tbk (ASII) naik 2,13 persen, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) naik 0,85 persen, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) naik 2,91 persen, PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) naik 1,99 persen, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) naik 0,33 persen, dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) naik 3,65 persen.