Rekor All Time High Beberapa Kali, Harga Emas Sudah Mencapai Puncaknya di 2024?

Abdul Malik • 23 Jul 2024

an image
Ilustrasi investor sedang memegang emas batangan Antam pecahan 10 gram. (Shutterstock)

Harga emas diperkirakan akan lebih tinggi di kuartal IV 2024

Bareksa.com - Harga emas sudah beberapa kali menembus rekor tertingginya sepanjang 2024. Lonjakan harga logam mulia ditopang tingginya permintaan oleh bank sentral dan investor ritel, konflik geopolitik yang masih berlanjut, hingga ekspektasi investor atas pemangkasan suku bunga Amerika Serika (AS). 

Dilansir CBS News (22/7), sepanjang 2024, rekor all time high (ATH) emas untuk harga penutupan pertama terjadi pada Maret 2024 senilai US$2.1`60 per ounce. Kemudian pada awal April emas kembali menembus rekor harga tertinggi barunya di US$2,265 per ounce. Emas mencapai puncak harga berikutnya di US$2.435 pada 20 Mei. Secara keseluruhan, emas berjangka naik hampir 13% sepanjang tahun ini.

Namun, sejak akhir Mei, harga emas mulai stabil. Pada Juni, harga emas spot berada di kisaran US$2.300 dan pada 2 Juli, harga spot emas berada di US$2.326,02 per ounce. Bahkan pada 16 Juli lalu, harga emas spot menembus US$2,464.82 per ounce di perdagangan intraday dan emas berjangka AS di US$2,467.80 per ounce. 

Beli Emas di Sini

Harga Emas Hari Ini, Selasa (23/7/2024)

Emas

Harga Beli Emas Hari Ini

Emas spot

US$2.397,21 per troy ounce

Emas Treasury​

Rp1.284.478 per gram

Emas Pegadaian​

Rp1.312.000 per gram

Emas Indogold

RpRp1.282.500 per gram

Emas Antam

Rp1.404.000 per gram

Sumber: Bareksa Emas, harga-emas.org, emas spot per pukul 10.23 WIB​

Beli Emas di Sini

Apakah level US$2.300 per ons merupakan harga dasar baru untuk emas dan sudahkah mencapai puncak tertingginya di 2024, atau justru ada ruang untuk penguatan lanjutan? Anthony Rousseau, kepala solusi pialang di TradeStation Group menyatakan kecil kemungkinannya emas sudah mencapai puncak harganya di 2024. “Kita telah melihat jeda dalam likuiditas positif global sejak April, yang tercermin dalam aset-aset seperti emas dan Bitcoin di mana pergerakan kenaikannya terhenti,” dia mengungkapkan. 

Likuiditas positif global bersih (net global positive liquidity) adalah indikator keuangan yang menunjukkan jumlah aset likuid dikurangi kewajiban di seluruh dunia, sehingga penghentian likuiditas berarti lebih sedikit dana yang tersedia untuk pertumbuhan aset seperti emas. Rousseau tetap optimistis terhadap prospek emas untuk jangka panjang.

"Kami memandang ada potensi bullish multi-tahun untuk emas, dan kemungkinan akan terjadi selama beberapa tahun ke depan sebelum mencapai harga overbought yang sebenarnya,” kata dia. 

Rousseau memperkirakan harga emas akan lebih tinggi di kuartal IV 2024 karena kenaikan yang diharapkan. Yakni kebijakan likuiditas positif bank sentral yang terjadi di seluruh dunia dan kemungkinan melemahnya dolar AS akibat kebijakan Federal Reserve di masa depan. 

“Emas berpotensi bergerak lebih tinggi karena bank sentral dunia membeli emas lebih cepat, ketegangan geopolitik saat ini yang belum berakhir dan ketidakpastian Pemilu AS yang membuat investor gelisah,” ujar Alex Ebbarian, COO dan salah satu pendiri Allegiance Gold, pedagang logam mulia.

Ebkarian juga mengaitkan potensi pertumbuhan harga emas dengan pandangan jangka panjang mengenai melemahnya dolar AS, ketidakpastian rencana pemotongan suku bunga The Fed tahun ini, serta sentimen dan kegelisahan investor secara keseluruhan.

Beli Emas di Sini

Banyak ahli, seperti Mark Charnet, CEO American Prosperity Group di Sparta, New Jersey, menyarankan agar investor mempertimbangkan pandangan jangka panjang untuk investasi emas, sembari mencermati faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan harga emas.

“Harga emas tidak pernah mencapai puncaknya ketika dibeli untuk jangka panjang. Selalu ada potensi pertumbuhan yang tersisa. Harga emas akan naik seiring berjalannya waktu, dan tahun 2024 adalah periode yang terlalu singkat,” dia menjelaskan. 

Ebcarian menambahkan emas adalah komoditas yang langka dan sangat sulit untuk ditambang dan diproduksi, sehingga menjadikannya berharga mengingat banyaknya permintaan di seluruh dunia, namun pasokannya sangat sedikit. Selain itu bagaimana pelaksanaan pemilihan presiden AS pada 2024 ini dan fundamental ekonomi bisa berdampak ke harga emas.

“Jika ada lonjakan volatilitas pasar, terutama menjelang Pemilu musim gugur ini, emas dapat mencapai level tertinggi baru pada 2024. Jika volatilitas tetap rendah, fundamental akan mendorong emas lebih tinggi selama 12 bulan ke depan terlepas dari volatilitas pasar,” kata Patrick Kennedy, mitra pendiri di AllSource Investments. 

Lantas apakah tepat investasi emas saat ini? Para ahli secara umum sepakat meskipun harga emas mungkin berfluktuasi dalam jangka pendek, namun reputasinya tetap terjaga sebagai investasi jangka panjang yang dapat diandalkan, khususnya dalam kondisi saat ini. Ketidakpastian ekonomi akan mendorong bank sentral memborong emas. Selain kebijakan suku bunga tinggi saat ini mengakibatkan gejolak di pasar modal. 

Para ahli biasanya merekomendasikan agar investor mengalokasikan tidak lebih dari 10% portofolio investasinya di emas dan logam mulia lainnya. Secara keseluruhan, membeli emas dinilai sebagai keputusan terbaik bagi investor jangka panjang. 

Beli Emas di Sini

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Kamu bisa berinvestasi emas dari manapun dan kapanpun. Dalam menyediakan fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan Pegadaian, Treasury, dan Indogold. Bareksa Emas sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online.

Mitra pengelolaan emas di Bareksa Emas yaitu Treasury berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Sementara Pegadaian dan Indogold juga memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi emas secara online bukan berarti tidak ada wujudnya. Sekarang, setelah membeli emas digital di Bareksa Emas, Smart Investor juga bisa memiliki wujud fisiknya yang diantar langsung ke rumah dengan fitur Cetak Fisik.

Emas batangan yang tersedia di Bareksa Emas adalah emas murni dengan kadar 99,99%. Smart Investor dapat memilih emas Antam ataupun emas UBS untuk Tarik Fisik di Bareksa Emas. Jangan tunda lagi, terus tingkatkan investasi emas kamu dan raih potensi keuntungannya.

Investasi Emas di Sini

(AM)

***

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.