AKR Corporindo Divestasi Tiga Anak Usaha di Cina Rp 864 Miliar

Bareksa • 22 Sep 2017

an image
Logo AKR Corporindo

Divestasi saham itu merupakan strategi perseroan menyusun kembali portofolio asetnya

Bareksa.com – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) menjual (divestasi) seluruh sahamnya di tiga anak usaha perseroan yang berbasis di Cina kepada Beibu Gulf Co, Ltd. AKR memperoleh dana segar sebesar RMB 427,8 juta atau setara Rp 864 miliar dari hasil penjualan tersebut.

AKR Corporindo menjual sebanyak 94,64 persen saham Guanxi Guigang AKR Conainer Port Co, Ltd, sebesar 78 persen saham AKR Transhipment Port dan 100 persen saham AKR Guigang Port Co, Ltd.

Ketiga perusahaan tersebut merupakan operator pelabuhan Guigang Cina. Ketiga perusahaan itu berkecimpung di bisnis peti kemas, pengiriman dan curah.

Presiden Direktur AKR Corporindo, Haryanto Adikoesoemo menjelaskan, divestasi saham itu merupakan strategi perseroan menyusun kembali portofolio asetnya.

“Dan mengembangkan posisi keuangan yang kokoh untuk mengeksekusi proyek-proyek infrastruktur yang sedang berjalan di Indonesia,” jelas dia dalam keterangan resmi, Jumat, 22 September 2017.

Sementara itu, manajemen Beibu Gulf Port menuturkan bahwa akuisisi pelabuhan Guigang akan memberikan kesempatan bagi perseroan untuk memanfaatkan inisiatif one belt one road, perdagangan bebas Cina-Asean. Perseroan bakal mengembangkan Guigang menjadi salah satu titik penting di Sungai Xijiang, sehingga dapat mewujudkan akses transportasi multimodal.

Sementara itu, Direktur dan Sekretaris Perusahaan AKR Corporindo, Suresh Vembu mengatakan bahwa divestasi tiga perusahaannya di Cina adalah strategi perseroan. Nantinya, dana hasil penjualan akan digunakan untuk mengerjakan berbagai proyek di Indonesia.

“Untuk membangun pelabuhan maupun proyek JIIPE,” katanya kepada Bareksa.

Perseroan menjual saham tiga anak usahanya dengan harga lebih tinggi dari nilai buku. Selain menjalankan strategi bisnis, perseroan juga mendapatkan keuntungan finansial dari penjualan tersebut.

Dia menuturkan bahwa Beibu Gulf merupakan perusahaan besar di Cina. Melalui transaksi itu, perseroan juga menjalin kemungkinan kerjasama dengan Beibu di Indonesia pada masa mendatang.

“Kita belum tentukan akan berpartner di sektor apa dengan Beibu nanti. Kita akan cari dulu,” ujarnya.  

AKR Corporindo telah mengoperasikan Pelabuhan Guigang sejak 2006. Pelabuhan itu menjadi hub utama yang menangani peti kemas serta kargo curah. Aset-aset pelabuhan itu terhubung dengan baik ke jalur kereta api, jalanan dan akses ke transportasi sungai.