Gaji Rp 3 Jutaan Bisa Punya Uang Puluhan Juta Rupiah, Begini Caranya

Bareksa • 06 Jul 2017

an image
Seorang karyawan sedang melihat hasil investasi reksa dana. (Ilustrasi 123 RF)

Anda bisa menabung pada produk reksa dana saham seperti Rencana Cerdas ataupun Cipta Syariah Equity

Bareksa.com – Bagi kita yang berpendapatan menengah ke bawah sering sekali merasa minder dan akhirnya menyerah untuk memiliki cita-cita hidup berkecukupan. Padahal meskipun gaji kita kecil, harapan untuk menggapai cita-cita itu tetap masih ada.

Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia mengatakan “if your born poor, it’s not your mistake. But if you die poor, its your mistake”. Artinya kita masih bisa mengubah jalan hidup dengan berusaha lebih keras lagi, salah satunya dengan menyiasati uang gaji.

Jika gaji kamu Rp3 jutaan, kamu sebaiknya berusaha keras untuk menyisihkan uang Rp1 juta atau 30 persen dari penghasilan. Uang ini setiap bulannya wajib ditabung.

Agar uang kiita tumbuh lebih cepat, kita bisa coba membeli reksa dana saham setiap bulannya. Salah satu perusahaan investasi yang mengelola reksa dana yaitu PT Ciptadana Asset Management.

Ciptadana mengelola dua reksa dana saham yang bisa kita pilih yaitu Rencana Cerdas dan Cipta Syariah Equity. Kedua reksa dana saham ini dalam lima tahun terakhir mengasilkan imbal hasil (return) masing-masing 40 persen dan 43 persen.

Mari kita simulasikan jika berinvestasi di reksa dana saham Rencana Cerdas. Misalnya kita menabung Rp1 juta setiap bulan sejak Juni 2008 hingga saat ini.

Tabel Simulasi Investasi Reksa Dana


Sumber: Bareksa.com

Hingga 8 Juni 2017, ternyata uang hasil tabungan kita setiap bulannya di reksa dana dapat mencapai Rp171,07 juta. Sebesar Rp109 juta merupakan modal yang kita kumpulkan selama 9,02 tahun, sedangkan Rp62,07 juta adalah keuntungan yang kita peroleh dari reksa dana saham. Jika dibandingkan dengan modal, maka keuntungannya mencapai 56,95 persen.

Grafik: Hasil Simulasi Investasi Reksa Dana Rencana Cerdas


Sumber: Bareksa.com

Uang tersebut tentu kita bisa gunakan untuk tambahan pembelian rumah maupun biaya pendidikan sekolah anak.

Berinvestasi pada produk reksa dana, kita jadi memiliki kesempatan untuk bisa merencanakan masa depan yang lebih baik ditengah kekurangan yang kita hadapi saat ini.

Dengan uang Rp100.000,- kita sudah bisa membeli reksa dana, jadi tidak perlu menunggu sampai uang kita banyak baru mulai berinvestasi. Pembelian reksa dana juga saat ini sudah bisa online dari mobile phone jadi mudah dilakukan dimana saja.

Tunggu apa lagi, yuk mulai merubah nasib dengan berinvestasi melalui reksa dana. (ADV | np)